22 October 2021, 08:46 WIB

Yuk, Intip Proses Big Reading Film Mencuri Raden Saleh


Fathurrozak | Weekend

Sutradara Angga Dwimas Sasongko baru-baru ini menghelat proses big reading bersama para pemeran Mencuri Raden Saleh sebelum masuk tahap syuting. 

Setelah mengungkap enam pemeran utama film Mencuri Raden Saleh: Angga Yunanda, Iqbaal Ramadhan, Aghniny Haque, Rachel Amanda, Umay Shahab, dan Ari Irham, pada pertengahan Oktober, mereka melakukan proses big reading.

Media Indonesia mendapat kesempatan eksklusif untuk ikut menyimak proses big reading film Mencuri Raden Saleh yang berlangsung di salah satu studio di kawasan Jakarta Selatan.

Sebelum masuk area big reading, semua yang terlibat diharuskan swab antigen dan sudah mendapat vaksin dosis penuh sebagai salah satu prokes yang diterapkan.

Big reading adalah proses membaca naskah oleh semua pemeran pada satu waktu dan tempat. Big reading adalah tahap-tahap akhir praproduksi dan dilakukan menjelang syuting berlangsung.

Sebelumnya, juga sudah dilakukan reading dalam skala yang lebih kecil dan blocking rehearsal. Salah satu tujuan big reading adalah untuk mengamati perubahan atau perkembangan dari tiap aktor selama proses latihan dan pendalaman peran sebelumnya.

Dalam proses tersebut, tidak hanya ada enam pemeran utama film Mencuri Raden Saleh tentu saja. Tapi juga hampir keseluruhan para pemeran. Termasuk di antaranya mereka yang hadir adalah Tyo Pakusadewo, Dwi Sasono, Atiqah Hasiholan, Muhammad Khan, Andrea Dian, Ganindra Bimo, Reza Hilman, Jenny Zhang, dan Willem Bevers.

Suasana big reading yang berlangsung pada Minggu (17/10) itu pun tampak serius dan intens. Meski juga dalam beberapa kesempatan para cast dan kru yang hadir terlihat terhibur dengan respons dari dialog yang dilontarkan oleh lawan main.

Usai big reading, sutradara Angga Dwimas Sasongko memberi catatan ke beberapa aktor mengenai kesepakatan blocking yang akan digunakan maupun yang bakal mendapat perubahan.

Bila melihat jajaran pemeran dan mendengar dialog dan plot yang dibaca saat big reading, film Mencuri Raden Saleh tampak punya ambisi besar. Dengan nilai produksi yang jika ditilik dari beberapa proyek film Visinema terdahulu, Mencuri Raden Saleh bakal jadi film dengan bujet yang berkali lipatnya.

Produser Mencuri Raden Saleh, Cristian Imanuell pun mengutarakan mengenai nilai produksi film mendatangnya ini.

“Saya sebagai produser tentunya bersyukur dapat mengumpulkan orang-orang luar biasa ini untuk bersama-sama mewujudkan mimpi pencurian terbesar di abad ini. Ketika melihat big reading ini, barulah terasa Mencuri Raden Saleh ini adalah project yang benar-benar besar. Secara pribadi, saya rasa project ini adalah lompatan terjauh Visinema selama berkarya,” kata Cristian, Minggu (17/10).

Cristian pun berharap syuting film Mencuri Raden Saleh berjalan dengan lancar dan aman hingga selesai.

Di film Mencuri Raden Saleh, nantinya bakal ada banyak adegan aksi. Mulai dari adegan pencurian hingga kejar-kejaran. Dengan skala produksi yang besar ini, tentu saja Mencuri Raden Saleh diproyeksikan untuk rilis di bioskop. (M-2) 

BERITA TERKAIT