21 October 2021, 11:02 WIB

Ngefan Jokpin? Yuk Koleksi Puisi Tulisan Tangannya


Fathurrozak | Weekend

Penyair Joko Pinurbo tenar dengan puisi-puisi humornya yang kerap kali bernada getir. Joko Pinurbo atau populer dengan sapaan Jokpin adalah salah penyair senior yang masih populer di kalangan anak muda masa kini. Ia memiliki ciri khas puisinya bergaya humor satir. Beberapa buku puisinya yang laris di pasar di antaranya adalah Perjamuan Khong Guan dan Buku Latihan Tidur. Sebelumnya ia juga pernah merilis buku puisi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi, dan Celana.

Jokpin telah dua kali diganjar penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa, yakni pada 2005 dan 2015. Pada Kusala Sastra Khatulistiwa tahun ini pun ia kembali masuk nominasi lewat buku puisi Sepotong Hati di Angkringan.

Jika kamu fan Jokpin, ada kesempatan menarik karena ia bakal melelang puisi tulisan tangannya berjudul Malam Rindu yang ditulisnya pada 2016. Puisi tersebut menceritakan tentang situasi demokrasi di Indonesia.

Lelang puisi tersebut akan dilangsungkan pada gelaran Festival Bahasa dan Sastra Media Indonesia yang sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Oktober ini. Lebih spesial lagi, puisi tulisan tangan Jokpin itu bisa kamu koleksi dengan bingkai dan ilustrasi pendamping yang diciptakan khusus oleh ilustrator dan kartunis Media Indonesia peraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017, Budi Setyo Widodo.

Hasil puisi yang dilelang nantinya akan disumbangkan untuk masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Total, akan ada 11 puisi yang turut dilelang di Festival Bahasa dan Sastra Media Indonesia bertajuk Indonesia Sejati. 11 puisi tersebut, selain sumbangan Jokpin juga berasal enam penyair Indonesia, termasuk karya milik penyair senior Remy Sylado dan puisi milik penyair asal Lampung peraih Kusala Sastra Khatulistiwa tahun lalu Inggit Putria Marga. (OL-12)

BERITA TERKAIT