20 October 2021, 09:15 WIB

Siti Nurbaya Hingga Nadiem Berpuisi Merayakan Sumpah Pemuda


Bintang Krisanti | Weekend

MERAYAKAN Hari Sumpah Pemuda sekaligus Bulan Bahasa, Media Indonesia menggelar acara Festival Bahasa dan Sastra 2021: Indonesia Sejati. Pada puncak acara yang akan berlangsung 29 Oktober 2021 mencakup pula pembacaan puisi yang melibatkan pejabat negara dan para tokoh lainnya.

Bertajuk Indonesia Berpuisi, acara itu sudah dipastikan menampilkan pembacaan puisi dari lima menteri. Mereka adalah Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkominfo Johnny G Plate, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Mendikbudristek Nadiem Makarim. 

Membacakan puisi pula, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. Para menteri dan kepala daerah ini membacakan puisi dalam video rekaman. Selain itu terdapat juga pejabat negara yang akan tampil membacakan puisi secara langsung di hari puncak acara.

Menteri Siti memilih membacakan puisi berjudul Sajak Cinta untuk Ibu di Surga karya penyair sekaligus jurnalis Media Indonesia, Iwan Jaconiah. "Ibu, telah aku telusuri Nusantara, beribu pulau meliuk," demikian salah satu bait yang dibacakan Siti dengan penuh penghayatan.

Ketua Panitia Festival Bahasa dan Sastra 2021: Indonesia Sejati, Adiyanto, mengapresiasi keikutsertaan para menteri dan kepala daerah. "Ini menunjukkan perhatian dan dukungan para pejabat terhadap karya sastra anak bangsa. Kami juga berharap lewat festival ini masyarakat, khususnya generasi muda, dapat lebih mengenal dan mencintai sastra Indonesia," kata Adiyanto.

Tidak hanya sebagai perayaan, acara festival ini juga menjadi jembatan aksi kemanusiaan bagi anak yatim piatu covid-19. Hal itu dilakukan lewat acara Lelang Puisi yang juga digelar pada 29 Oktober 2021. Sebanyak 11 puisi karya enam penyair kenamaan Tanah Air akan dilelang, termasuk tiga puisi yang khusus diciptakan sastrawan dan budayawan senior Remy Sylado dan juga puisi yang dibacakan Siti. Seluruh hasil lelang akan didonasikan melalui Benih Baik. (M-1)

BERITA TERKAIT