17 October 2021, 22:29 WIB

Plataran Menjangan Raih Penghargaan Hotel Safari Terbaik Dunia


Galih Agus Saputra | Weekend


Plataran Menjangan, salah satu unit bisnis pariwisata yang berada di bawah naungan Plataran Indonesia baru-baru ini ditetapkan sebagai salah satu hotel safari terbaik di dunia. Predikat 'World’s Top Safari Stay 2021' itu diberikan oleh perusahaan perjalanan daring asal Amerika Serikat, Tripadvisor.

Penghargaan itu diberikan Tripadvisor lewat acara tahunannya yakni 'Tripadvisor Travelers' Choice Awards'. Plataran Menjangan menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dan Asia (kecuali India) yang meraih penghargaan hotel safari terbaik dunia.

Hal demikian dirasa Plataran Indonesia semakin memperkuat statusnya sebagai juara di bidang ekowisata dunia dan pengembangan alam. "Plataran Menjangan secara konsisten mengutamakan kelestarian flora dan fauna yang terancam punah di hutan lindung, memberikan pengalaman holistik alam, dan juga menjaga budaya masyarakat lokal dan tradisi spiritual lingkungan sekitar, yang semuanya berbaur menjadi pengalaman yang benar-benar tak terlupakan," seperti disitat dari siaran pers yang diterima Media Indonesia, Sabtu, (16/10).

Plataran Menjagan sendiri ialah salah satu unit pariwisata Plataran Indonesia yang berada di Taman Nasional Bali Barat. Selain memberikan pengalaman menginap, tempat ini juga menawarkan interakasi para wisatawan dengan ekosistem alam di sekitar seperti hutan bakau, pantai pasir putih, maupun habitat satwa rusa, lutung, jalak Bali, hingga banteng.

Pada saat yang sama Plataran Indonesia juga mencantumkan Plataran Menjangan sebagai bagian dari tema 'Plataran Treasure Hunt' yang berlaku di kuartal akhir 2021 ini. Plataran Treasure Hunt mengenal tiga pilar utama yakni alam (Nature Hunt) budaya (Culture Hunt), dan komunitas (Community Hunt).

Salah satu program spesial yang turut ditawarkan Plataran Indonesia lewat 'Plataran Treasure Hunt' ialah 'Plataran Ecotourism Festivals'. Acara ini berlangsung pada 14 hingga 16 Oktober, sementara penutupannya berlangsung pada 27 hingga 29 Oktober mendatang. Seluruh rangkaian acara itu dapat diikuti di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta.

"Pengunjung dapat menjumpai berbagai penawaran menarik dari sejumlah resor yang dimiliki Plataran Indonesia, dan juga beragam menu khusus yang mewakili hidangan asal Bali, Bajo, dan juga Papua, surga di ujung timur Indonesia, seperti Lontar Papua, Sei Asap Sapi, Ayam Betutu, Alu Ndene Bajo, dan lainnya," terang pihak Plataran Indonesia.

Serangkaian pertunjukan atraktif turut meramaikan rangkaian acara 'Plataran Ecotourism Festivals'. Beberapa diantaranya ialah Tari Bali, melukis Layang-layang, hingga pertunjukan alat musik khas Nusa Tenggara Timur yakni Sasando, termasuk pameran dan lelang lukisan bertema Papua dalam 'Kamoro Art Exhibition and Sale'. (RO/M-2)

BERITA TERKAIT