13 October 2021, 09:35 WIB

Ini 7 Jenis Buah dan Sayur yang dapat Membantu Membersihkan Tubuh dari Lendir


Nike Amelia Sari | Weekend

Setiap orang memiliki lendir di dalam tubuh. Lendir diproduksi oleh membran di hidung dan sinus, dan fungsi utamanya adalah untuk menjebak bakteri, virus, dan alergen seperti debu di hidung dan mencegahnya menyebar ke seluruh tubuh. Lendir yang mengandung enzim dan antibodi ini menjadi bagian dari fungsi kekebalan paru-paru.

Saat batuk, kita dapat menemukan lendir yang keluar dari tubuh. Biasanya, orang yang memiliki lendir berlebih diakibatkan oleh kondisi alergi sangat tinggi pada tubuh dan rentan terhadap cuaca.

Orang yang menderita post nasal drip yang menyebabkan kelenjar pada hidung dan tenggorokan,  secara terus-menerus memproduksi lendir. Untuk mengetahui penyebabnya, pertama-tama lihat apa yang dikonsumsi yang mungkin menimbulkan masalah. Kemudian, jika telah menghilangkan makanan alergen dan makanan olahan namun masih memiliki reaksi,segere mengonsultasikan ke spesialis kesehatan untuk memastikan tidak memiliki infeksi bakteri.

Selain itu, Anda juga harus mulai menambahkan banyak makanan yang difermentasi dan kaya probiotik seperti asinan kubis, acar asli, kimchi, kombucha, dan yogurt dan kefir (tersedia pilihan non-susu).

Berikut beberapa jenis buah dan sayur yang dapat membersihkan tubuh dari lendir, seperti dilansir dari onegreenplanet.org, situs makanan sehat, Sabtu (9/10).

1. Mentimun
Mentimun kaya akan air, potasium, dan vitamin C yang semuanya membantu membersihkan tubuh. Vitamin C juga mendukung kesehatan kekebalan tubuh dan sifat basa mentimun juga menyehatkan lapisan usus dan mengurangi peradangan di saluran pencernaan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh lebih lanjut.

2. Brokoli
Sayuran ini memiliki sifat detoksifikasi dan mengandung enzim yang membantu memecah racun. Selain itu, juga merupakan sumber vitamin C. Seratnya juga memberi makan bakteri baik dan membantu limbah tubuh untuk keluar dari tubuh.

3. Wortel
Wortel mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, potasium (pembersih tubuh utama), serat, dan vitamin A dalam jumlah tinggi mendukung kesehatan kekebalan lebih lanjut. Sayuran akar ini dapat dimakan mentah atau dimasak.

4. Apel
Vitamin C dan serat apel yang dikenal sebagai pektin inilah yang membuat buah ini menjadi bintang dalam menghilangkan penumpukan lendir di dalam tubuh. Buah ini juga mengandung potasium.

5. Berry
Buah berry adalah buah lain yang terkenal dapat membersihkan tubuh, khususnya saluran pencernaan. Buah berry juga merupakan sumber vitamin C, potasium, dan antioksidan yang baik. Ini membantu membersihkan darah dan seratnya membantu memecah racun dalam tubuh untuk meredakan peradangan dan infeksi.

Padukan raspberry, blackberry, dan blueberry dalam smoothie sebagai pengganti pemanis atau yogurt manis. Buah-buah ini memiliki rasa manis alami dan akan membantu mendukung pembersihan sel dan kesehatan kekebalan tubuh secara alami.

6. Jahe
Jahe dapat membantu memecah racun dan lendir dengan sangat cepat karena manfaat enzimatik spesifik yang dimilikinya. Ini juga menghasilkan efek anti-inflamasi dalam tubuh yang menandakan sistem kekebalan bahwa itu aman dan tidak perlu menghasilkan mekanisme perlindungan seperti lendir.

Gunakan jahe segar bila memungkinkan dan tambahkan sedikit kunyit agar lebih bermanfaat. Cobalah campuran tersebut dalam teh, hidangan sayuran, atau bahkan jus atau membuat smoothie.

7. Sayuran hijau
Sayuran hijau adalah salah satu makanan paling baik untuk menyembuhkan tubuh dengan jumlah vitamin A, C, vitamin B yang tinggi dan bahkan vitamin E dan potasium. Sayuran hijau akan membersihkan tubuh dari lendir dan racun secara alami, dan seratnya akan memberi makan bakteri baik sementara kandungan klorofilnya yang tinggi akan mendukung kekebalan dan kesehatan darah.

Dilansir dari everydayhealth.com, sebagian besar masalah lendir bersifat jangka pendek, namun terlalu banyak lendir bisa menjadi tanda kondisi serius, terutama cystic fibrosis yaitu penyakit keturunan yang ditandai dengan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket sehingga menghambat sejumlah saluran di dalam tubuh. Kondisi ini biasanya berkembang dalam beberapa tahun pertama kehidupan dan juga bisa muncul di masa dewasa muda.

Penting diketahui jika lendir seseorang telah berubah warna dan diikuti dengan gejala lain, seperti demam, atau batuk terus-menerus, nyeri dada, atau sesak napas, dan gejala ini telah berlangsung selama lebih dari 10 hari, pastikan untuk menemui dokter. (M-4)

BERITA TERKAIT