12 October 2021, 07:47 WIB

Barang-barang Memorabilia Milik Amy Winehouse Diperkirakan Laku Rp28 Miliar


Adiyanto | Weekend

Ratusan barang peninggalan mendiang artis pemenang Grammy, Amy Winehouse, termasuk gaun yang dikenakannya saat konser terakhirnya, akan dilelang di Amerika Serikat.

Rumah lelang Julien's akan melelang lebih dari 800 barang pribadi  yang meliputi sepatu, celana pendek, bra, buku, dan piringan hitam ,  di Beverly Hills, California pada 6 dan 7 November. Barang-barang tersebut diperkirakan akan menghasilkan total hingga US$2 juta.

Penyanyi soul asal Inggris itu meninggal karena kebanyakan menenggal alkohol pada 23 Juli 2011, ketika dia baru berusia 27 tahun.

Direktur rumah lelang Julien, Martin Nolan mengaku awalnya kesulitan untuk metakinkan orang tua Winehouse agar mau melelang barang-barang peninggalan anaknya.

"Butuh waktu lama bagi mereka untuk benar-benar berdamai dan memutuskan untuk melepaskannya, dengan kesadaran bahwa, tentu saja, ada penggemar, museum, dan kolektor di seluruh dunia yang ingin memiliki beberapa barang ini, merawatnya. Dan menunjukannya di museum dan pada saat yang sama mengumpulkan uang untuk yayasan," ujarnya.

Salah satu barang yang akan dilelang adalah gaun pendek hijau dan hitam yang dirancang oleh Naomi Parry, dan diperkirakan akan terjual antara US$15.000 dan US$20.000.

"Itu sangat ikonik. Tapi semua gaun ini mewakili Amy,  musisi fantastis, penulis lagu, dan juga ikon fesyen," kata Nolan.

Hasilnya lelang ini akan disumbangkan ke Amy Winehouse Foundation, yang konsern untuk mengatasi kecanduan alkohol, terutama di kalangan remaja.

Winehouse, yang memenangkan beberapa penghargaan untuk album "Back to Black,"  pada 2006, sering berbicara tentang pengalaman pribadinya melawan kecanduan alkohol dan narkoba. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT