25 September 2021, 10:15 WIB

Apa Saja Sih Urutan Skin Care di Malam Hari?


Febby Saraswati | Weekend

SELAIN menggunakan facial wash, ternyata ada banyak rangkaian skin care lainnya, skin care sangat penting untuk kebutuhan dan merawat wajah kita. Namun, banyaknya rangkaian skin care ternyata tidak boleh sembarang dalam pemakaiannya. Ada urutan yang harus kalian tahu. Jika tidak berurutan dengan benar maka pemakaian skin care kamu tidak maksimal atau sia-sia.

Kali ini kita akan membahas urutan skin care malam hari, apa saja sih?

1. Make Up Remover 

Jika Anda sering keluar rumah, memakai make up, atau dalam melakukan aktivitas terkena banyak polusi, make up remover sangat penting Anda gunakan. Make up remover membantu Anda membersihkan make up dan debu yang menempel diwajah.

Baca juga: Aksesori Jadi Bagian Pelengkap Fesyen, Batam Karya Hadirkan Aksesori dengan Harga Terjangkau

Anda dapat memakai make up remover dengan bahan dasar minyak agar kosmetik dengan kandungan minyak dapat lebih mudah dihilangkan. Namun, bagi orang dengan tipe kulit berminyak, pembersih make up dengan bahan dasar air mungkin lebih baik dipilih agar kulit tidak menjadi semakin berminyak. 

2. Cleanser atau pembersih wajah

langkah berikutnya setelah make up remover adalah cleanser. Setelah make up pada wajah telah dibersihkan, Anda perlu membersihkan kembali kulit dengan pembersih wajah. 

Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada lagi kotoran, minyak, maupun sisa kosmetik yang tertinggal pada kulit wajah. Pastikan Anda memakai cleanser dengan bersih.

3. Eksfoliasi atau Scrub wajah 

Pembersihan kulit wajah dengan eksfoliasi atau scrub wajah mampu menyempurnakan tahapan pemakaian skincare wajah pada malam hari. Sel kulit mati pada wajah akan terangkat. 

Namun, pemakaian eksfoliasi ini tidak boleh dilakukan setiap hari, cukup 1 kali saja dalam seminggu.

4. Toner

Toner umumnya juga mengandung berbagai bahan aktif dengan kegunaan tersendiri. Beberapa di antaranya yakni gliserin untuk menjaga kulit tetap lembap, ekstrak herbal dan bunga sebagai antioksidan, serta niacinamide untuk kulit agar cerah.

5. Serum Wajah 

Setelah toner, serum wajah menjadi urutan selanjutnya pada perawatan kulit saat malam hari. Serum wajah mempunyai fungsi untuk melembapkan serta menghaluskan kulit di wajah. 

6. Eye Cream 

Tidak hanya kulit wajah, perawatan bagian sekitar mata juga harus diperhatikan, sering kali kita mempunyai mata panda karena terdapat kantong mata yang menghitam setiap harinya. Anda bisa memakai Eye Cream untuk kesehatan kulit.

7. Cream malam dan sleeping mask 

Krim malam memiliki fungsi yang mirip dengan pelembap yang digunakan pada rutinitas skincare pagi hari. Namun, produk perawatan kulit tersebut memiliki peran tambahan, yakni, memudarkan flek atau noda hitam dan menyamarkan kerutan di wajah. 

Nah itu dia urutan skin care malam, jangan sampai salah urutan dan produk ya! (OL-1)

BERITA TERKAIT