21 September 2021, 08:05 WIB

Ini Cara Mudah Mengatasi Kesusupan


Nike Amelia Sari | Weekend

Kesusupan ialah kondisi adanya serpihan benda kecil yang masuk ke kulit, seperti serpihan kayu.  Biasanya, kesusupan terjadi di kulit tangan atau kaki. Meskipun hanya serpihan kayu, tetap akan menimbulkan rasa nyeri dan kesusupan tak boleh dibiarkan.

Hal ini juga didukung oleh seorang dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Arthur S., SpKK, FINSDV menjelaskan jika kayu atau benda asing tersebut bisa membawa kotoran, jamur, dan bakteri sehingga kesusupan tersebut harus dikeluarkan.

"Kayu atau benda asing ini kan membawa aneka macam kotoran dan jamur dan bakteri yang kita ngga tahu.  Jadi sebaiknya cepat-cepat dikeluarkan dan cuci bagian kesusupan itu dengan air mengalir dan sabun," tulisnya di postingan instagramnya @dokterkulitkucom, Sabtu (18/9).

Lalu, bagaimana cara mengeluarkannya? Dokter Arthur juga memberikan tips untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari kulit. "Cuci bersih bagian kesusupan itu dengan air mengalir dan sabun. Kalau masih ada bagian yang ada di luar kulit, bisa coba dikeluarkan dengan pinset.  Tarik keluar sesuai arah masuknya."

Menurur dr Arthur jika tidak ada ujung yang bisa ditarik,  cobalah gunakan jarum, pinset, dan kapas beralkohol. "Disinfeksi dulu jarum dan pinsetnya dengan alkohol, pelan-pelan cpba angkat dan robek sedikit bagian kulit yang kesusupan dan tarik keluar potongan katunya dengan pinset," lanjutnya.

Selain itu, jika kesusupannya kecil dan ada ujung di luar kulit, dr Arthur menyarankan untuk menggunakan selotip. Ia juga memperingatkan jika beberapa cara tersebut gagal konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan segera. "Karena kesusupan yang dibiarkan terlalu lama akan bengkak, meradang, dan bernanah," ujarnya.

Lalu, kapan Anda harus ke dokter? Dilansir dari healthline.com, jika serpihan tersebut besar, dalam, dan di sekitar mata serta telah terinfeksi, harus segera menemui dokter. Tanda-tanda infeksi antara lain kemerahan atau perubahan warna, pembengkakan, hingga rasa sakit yang berlebihan. (M-4)

 

BERITA TERKAIT