15 September 2021, 05:52 WIB

Empat Sekawan ini Akan Bertamasya ke Luar Angkasa


Putri Rosmalia | Weekend

Perusahaan teknologi luar angkasa milik Elon Musk, SpaceX, siap membawa penumpang komersil pertama ke luar angkasa. Empat orang warga sipil yang jadi penumpang dijadwalkan akan berangkat pekan ini.

Dilansir dari theverge.com, Selasa, (14/9), keempat kursi penerbangan luar angkasa komersil tersebut dibeli oleh seorang bilioner asal AS sekaligus pilot jet profesional, Jared Isaacman. Ia lalu mengajak tiga orang lain untuk ikut bersamanya.

Ketiga penumpang lain ialah seorang survivor kanker sekaligus psikolog, Hayley Arceneaux; profesor geologi dan mantan kandidat astronot NASA, Sian Proctor; dan insinyur di Lockheed Martin, Christopher Sembroski.

Keempatnya telah menjalani pelatihan dan persiapan untuk menghadapi penerbangan di pekan ini. Isaacman akan berperan sebagai kapten penerbangan.

Berbeda dengan penerbangan ke luar angkasa yang dilakulan Jezz Bezos, perjalanan SpaceX dengan roket Crew Dragon ini akan lebih jauh dan panjang. Empat astronaut sipil tersebut setidaknya akan menghabiskan tiga hari di luar angkasa sebelum mendarat di Samudra Atlantik.

Selain membiayai perjalanan ke luar angkasa komersil tersebut, Isaacman juga menginisiasi penggalangan dana bagi organisasi peduli kanker anak. Penggalangan dana akan dilakukan selama perjalanan mereka dilakukan. Sebagai awalan, Isaacman lebih dulu menyumbang 100 juta dolar bagi organisasi tersebut. (M-4)

BERITA TERKAIT