10 September 2021, 16:25 WIB

Cara Model Kebugaran Yulia Baltschun Merawat Kulit


Galih Agus Saputra | Weekend

Berbicara soal perawatan tubuh, model kebugaran, Yulia Baltschun, mengaku memiliki jenis kulit yang sedikit 'rewel'. Banyak sekali jenis gangguan kulit yang kerap ia rasakan, baik ketika di dapur, kantor, maupun di luar ruangan.

Meski begitu, mantan kontestan ajang pencarian bakat memasak itu kini punya cara untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya ialah dengan memberikan perawatan secara rutin baik dari dalam maupun dari luar.

"Sepertinya aku memang punya genetik yang agak aneh. Berminyak iya, komedo iya, kusam, jerawatan, bercak hitam juga iya. Cuma, dari dulu aku selalu berusaha mengandalkan perawatan dari dalam. Baru semenjak banyak edukasi soal skin care, efeknya memang terasa. Jadi aku sekarang juga melakukan seperti kebanyakan orang, seperti double cleansing, pakai toner, serum, sunblock. Perubahannya memang kelihatan sekali, meskipun perawatan dari dalam juga masih. Istilahnya sekarang double agent," katanya.

Lebih lanjut, Yulia yang menjadi pembicara dalam N'pure Beauty Fest, Kamis, (9/9) mengatakan perawatan dari dalam bisa didapat dengan mengonsumsi bahan makanan sehat. Proses pembuatannya pun bisa bermacam-macam, salah satunya dengan smoothie.  

Menurut Yulia, smoothie ialah salah satu jenis minuman sederhana yang dapat dibuat oleh siapa saja. Bahan-bahannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing atau tergantung jenis kulit si peracik, yang umumnya memerlukan kandungan seperti protein, lemak baik, serat, vitamin, hingga mineral.

Dalam siaran langsung, ia sendiri mencontohkan salah satu smoothie 'paket komplit' yang terbuat dari susu, bubuk protein, buah-buahan, kunyit bubuk, dan biji labu. Menurut Yulia, bahan-bahan tersebut sebenarnya bisa diganti dengan apa saja atau mengikuti selera.

"Manfaatnya untuk kulit itu sebenarnya kita juga harus tahu dulu kebutuhan kita apa. Banyak orang mengira kulit itu hanya perlu vitamin C dan E, sebenarnya tidak. Kulit kita itu perlu banyak sekali vitamin, mineral, protein, dan lemak baik," katanya.

Yulia menambahkan, vitamin yang paling dibutuhkan kulit sebenarnya adalah A, D, E, K, dan C. Adapun lemak baik, sangat diperlukan untuk kulit karena ia akan membuat proses penyerapan vitamin yang dimaksud semakin optimal, selain dibutuhkan pula kandungan seperti zinc atau sele
nium yang dikenal memiliki peranan penting untuk mencegah penuaan atau kanker kulit.

"Jadi untuk perawatan memang tidak bisa diambil satu-satu. Harus semuanya kalau mau baik. Apalagi kulit itu kan bagian tubuh kita yang hidup. Jadi dia perlu gizi, perlu makan dan perawatan dari dalam, selain biasanya kita juga melakukan perawatan dari luar," pungkasnya.

BERITA TERKAIT