08 September 2021, 12:24 WIB

Ingin Kulit Ketiak Lebih Cerah? Simak Kiat dari Dokter


Nike Amelia Sari | Weekend

Banyak orang mengalami kondisi kulit ketiak yang lebih gelap dari area kulit lain. Kondisi itu kadang dapat menurunkan rasa percaya diri sehingga beberapa orang menghindari untuk mengenakan atasan tanpa lengan atau mengenakan pakaian renang. 

Kulit ketiak yang menggelap dikarenakan berbagai faktor, di antaranya kebiasaan mencukur, deodorant, antiperspirant--zat kimia yang dapat mengurangi produksi keringat, akumulasi sel kulit mati, gesekan dari baju yang terlalu ketat, hiperpigmentasi, dan penyakit lainnya.

Sebuah studi tahun 2014 oleh Indian Dermatology Online Journal menemukan jika hingga 74% orang mengalami ketiak gelap pada titik tertentu dalam hidup mereka dan faktor risiko itu meningkat tergantung pada usia, berat badan, dan ras.

Dr Rachel Nazarian, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, mengatakan masalah ini biasanya hanya ketidaknyamanan daripada masalah medis. 

Dilansir dari romper.com, situs berita kesehatan, Dr Nazarian menjelaskan jika penting untuk diingat bahwa penggelapan ketiak saja adalah masalah yang sederhana tetapi jika teksturnya berubah, menjadi lebih tebal atau lebih lembut, harus mengonsultasikan ke dokter kulit.

Lalu, bagaimana cara untuk mencerahkan kulit ketiak? Seorang dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV membagikan lima tips untuk mendapatkan kulit ketiak yang cerah dan sehat.

"Untuk mendapatkan kulit ketiak yang cerah dan sehat, lakukan beberapa tips berikut, perbanyak minum air putih dan gaya hidup sehat, gunakan produk deodorant yang tepat dan jangan sampai membuat iritasi, serta gunakan pakaian longgar yang menyerap keringat," tulisnya di instagram @fitria_irzan, Minggu (5/9).

"Lakukan eksfoliasi (khusus area lipatan ketiak) 2-3 kali seminggu, pastikan menggosok dengan lembut, dan pemilihan scrub dengan butiran halus (microscrub), lalu gunakan krim pencerah kulit ketiak yang berbahan aman dan nyaman, misalnya mengandung niaciamide dan gutathione," lanjutnya.

Eksfoliasi merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat berbagai berbagai sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di sekitar area permukaan kulit.

Dilansir dari healthline.com, ada juga beberapa cara alami untuk membantu mencerahkan kulit ketiak secara alami.

1. Kentang
Parut kentang, peras jus dari parutan kentang, dan oleskan jus ke ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

2. Mentimun 
Potong irisan mentimun yang tebal dan gosokkan irisan tersebut pada area gelap ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

3. Lemon
Potong irisan lemon yang tebal dan gosokkan irisan tersebut pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembab.

4. Kulit jeruk
Campurkan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan air mawar dengan kulit jeruk bubuk secukupnya untuk membuat pasta kental. Gosok ketiak dengan lembut dengan larutan tersebut dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan dua hingga tiga kali per minggu.

5. Kunyit 
Dalam mangkuk kecil, campurkan 2 sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak. Setelah 30 menit, bersihkan pasta.

6. Egg oil 
Tepat sebelum tidur, pijat egg oil ke ketiak. Keesokan paginya, cuci ketiak dengan sabun atau sabun mandi dengan pH seimbang.

7. Minyak kelapa
Pijat beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak. Setelah 15 menit, cuci ketiak dengan air hangat dan sabun lembut. Lakukan ini dua hingga tiga kali sehari.

8. Tea tree oil
Campurkan 5 tetes tea tree oil dengan 8 ons air atau 800 gram air dalam botol semprot kecil. Semprotkan ini pada ketiak dan biarkan mengering secara alami. (M-2) 

 

BERITA TERKAIT