31 August 2021, 08:15 WIB

Manfaat Kolagen dari Kesehatan Kulit hingga Jantung


Putri Rosmalia | Weekend

Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit.

Kekurangan kolagen dapat membuat kekuatan tulang, gigi, sendi, otot, hingga kulit menjadi menurun. Salah satu yang paling bisa dirasakan ialah kulit yang lebih cepat keriput.

Selain dari sumber makanan  seperti ayam, putih telur, kaldu tulang, sayur hingga buah-buahan, kolagen juga bisa didapatkan dari asupan suplemen yang tersedia di pasaran. Berikut ini lima manfaat dari kolagen bagi tubuh dilansir dari healthline.com, Senin, (30/8).

1.Memelihara kesehatan kulit

Kolagen merupakan salah satu kandungan terpenting pada kulit manusia. Ia memegang peranan penting dalam memelihara kesehatan, kekuatan, hingga kecantikan kulit. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan semakin sedikit memproduksi kolagen. Karena itu, mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu kulit tetap sehat serta membuat kulit lebih tidak berisiko mengalami penuaan dini.

2.Menyehatkan sendi


Siring bertambahnya usia, sendi-sendi manusia juga kerap mengalami penurunan kekuatan. Tak jarang menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu. Kehadiran kolagen dapat membuat persendian menjadi lebih lentur dan terlindungi. Beberapa studi kesehatan juga telah mengungkapkan bahwa kecukupan kolagen dalam tubuh dapat menurunkan risiko penyakit sendri seperti osteoarthritis.

3.Meningkatkan kekuatan tulang


Tak banyak diketahui bahwa kolagen juga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kehadiran kolagen dapat membuat struktur tulang menjadi lebih padat dan kuat. Memiliki kecukupan kolagen pada tubuh dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

4.Meningkatkan massa otot


Sekitar 1--10% dari otot manusia terdiri atas kolagen. Protein kolagen sangat dibutuhkan untuk membuat otot-otot tubuh kuat dan bisa berfungsi maksimal. Kebutuhan akan kolagen untuk menjaga massa otot akan meningkat seiring pertambahan usia, karena itu konsumsi makanan sehat dan suplemen bisa menjadi pilihan untuk pemenuhan kebutuhan.


5.Menyehatkan jantung


Angka kecukupan kolagen pada tubuh ternyata juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Kolagen berfungsi menguatkan struktur pembuluh darah di tubuh hingga ke arteri. Tanpa kolagen yang cukup, arteri tak akan bisa bekerja maksimal mengalirkan darah dalam tubuh. Akibatnya jantung harus bekerja lebih berat. (M-4)
 

BERITA TERKAIT