25 August 2021, 06:15 WIB

Ini Sejumlah Manfaat Bermain Golf


Nike Amelia Sari | Weekend

Sebuah studi di Swedia pada 2009 menunjukkan pemain golf dapat hidup lebih lama sekitar lima tahun daripada mereka yang tidak menekuni olahraga itu. Bermain golf setidaknya sebulan sekali juga dapat menurunkan risiko kematian dini bagi orang dewasa.

Belum lama ini, beberapa manfaat kesehatan fisik untuk rutin bermain golf juga dijelaskan oleh Dr Jacquelyn Turner, asisten profesor di Morehouse School of Medicine.  Menurutnya seorang pemain golf dapat membakar hingga 2.000 kalori dengan berjalan di  antara 18 lubang lapangan atau setara dengan lima mil tergantung pada luas lapangannya.

“Membakar begitu banyak kalori memberi banyak latihan aerobik yang dapat menurunkan banyak penyakit penyerta seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, kata Dr. Turner, seperti dikutip cnn.com, Selasa (24/8).

Dia juga mengatakan manfaat lain dari golf termasuk kadar HDL yang lebih tinggi, kolesterol baik, dan otot inti yang lebih kuat. Hal ini, kata dia, sangat penting untuk mencegah kerusakan tulang. Selain itu berada di bawah sinar matahari juga membantu paparan vitamin D.

Bermain golf juga menjadikan seseorang menjadi lebih baik jika akan melakukan operasi. Sebagai ahli bedah kolorektal, Dr. Turner harus mengevaluasi kesehatan pasien sebelum menjadwalkan operasi.

"Jika saya tahu seorang pasien pernah berada di lapangan golf dan berjalan/bermain sebanyak 18 lubang, mereka kemungkinan memiliki sistem jantung dan paru-paru yang sehat," katanya.

Selain itu, menurut Dr. Turner, bermain golf juga dapat melepaskan hormon yang mampu menurunkan stres dan kecemasan serta juga dapat meningkatkan daya ingat.

"Golf adalah kegiatan yang baik untuk semua segmen populasi, dari anak-anak hingga manula," kata Dr Turner. (M-4)

 

 

BERITA TERKAIT