20 August 2021, 20:51 WIB

Ini 5 Tips Aman Berinternet dengan WiFi Publik


Putri Rosmalia | Weekend

Wifi publik memang sangat praktis dan bermanfaat, tetapi sayangnya tidak selalu aman. Saat ini, akses internet gratis kapan saja dan di mana saja menjadi hal yang mudah didapat.

Meski bermanfaat, menggunakan Wifi yang tersedia secara di ruang publik sangat beresiko. Pengguna Wifi publik beresiko lebih besar menjadi korban pencurian data. Pencurian data bisa mengantar peretas pada informasi penting yang beresiko membuat korban mengalami kerugian baik secara finansial hingga dokumen pribadi.

Agar tetap bisa aman saat terpaksa menggunakan Wifi di ruang publik, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan berdasarkan penyedia produk keamanan siber, Kaspersky, yang dibagi melalui siaran pers, Jumat, (20/8).

1. Berhati-hatilah memilih Wifi
Tidak peduli seberapa menggiurkan atau mendesaknya transaksi pribadi, jaringan Wifi tanpa kata sandi tidak dianjurkan untuk menangani informasi penting. Data apa pun yang Anda kirim atau terima melalui Wifi publik dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke jaringan yang sama.

Mengunakan Wifi hanya dianjurkan untuk kegiatan yang tidak beresiko. Misalnya membaca berita. Hindari untuk masuk ke layanan apa pun atau akun Anda berpotensi disusupi oleh pelaku kejahatan siber.

2. Periksa nama hotspot secara cermat
Beberapa pelaku kejahatan siber terkadang berada selangkah di depan. Jadi alih-alih terhubung ke jaringan Wifi publik, Anda justru terkoneksi dengan jaringan buatan mereka sendiri, dengan nama serupa. 

Misalnya, jika disuatu kafe memiliki nama Wifi MyCoffeeShop, tamu yang tidak waspada mungkin salah bergabung dengan CoffeeShop_Guest atau MyC0ffeeShop yang sengaja dibuat oleh peretas untuk mengecoh pengguna Wifi publik.

Maka, sebelum bergabung dengan jaringan publik baru, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa nama koneksi yang tersedia. Periksa dengan cermat urutan kata yang benar, penggantian huruf dengan angka yang bentuknya mirip, garis bawah ekstra, dan sebagainya.

3. Nonaktifkan koneksi otomatis ke Wifi
Perangkat modern berusaha menyederhanakan hidup dengan menawarkan fitur untuk terhubung ke jaringan terbuka atau publik secara otomatis. Pada banyak sistem, opsi ini diaktifkan secara default. 

Sayangnya dengan menghubungkan perangkat secara otomatis akan membuka kesempatan bagi para pelaku kejahatan siber untuk menyebarkan malware atau melakukan pencurian kata sandi.

Untuk menghindari insiden seperti itu, selalu matikan Wifi saat Anda tidak menggunakannya. Nonaktifkan koneksi otomatis ke jaringan. Lupakan jaringan Wifi publik segera setelah Anda selesai menggunakannya.

4. Hindari Wifi untuk akses data pribadi
Usahakan untuk selalu menggunakan jaringan rumah atau perusahaan yang aman ketika akan memasukkan akun bank, paspor, atau detail sensitif lainnya. Jika keadaan mengharuskan Anda segera memeriksa saldo, gunakanlah data seluler. 

5. Pasang solusi keamanan untuk melindungi saluran komunikasi
Cara paling pasti untuk menjaga perangkat Anda tetap aman saat menggunakan Wifi publik adalah melengkapinya dengan perlindungan yang andal sebelumnya. Aplikasi jaringan pribadi virtual (VPN) melindungi privasi Anda dengan mengenkripsi data sebelum mengirimnya ke router, menjaganya tetap tersembunyi. Dengan memasang teknologi ini, bahkan Wifi publik pun aman.

BERITA TERKAIT