12 August 2021, 09:35 WIB

Hati-hati, Jenis Tanaman ini Berbahaya bagi Hewan Peliharaan


Galih Agus Saputra | Weekend

Memelihara tanaman hias di dalam rumah barang kali boleh dibilang sebagai salah satu kegiatan yang cukup asyik untuk dilakukan. Terlebih tanaman bisa memberi nuansa yang asri ketika disusun sebagai dekorasi ruangan.

Namun demikian, kegemaran ini tampaknya juga perlu diwaspadai oleh mereka, yang selain hobi menanam juga gemar merawat hewan peliharaan. Perusahaan Penyedia Tanaman asal Cambridge, Inggris, The Good Plant menjelaskan beberapa tanaman hias dapat menjadi racun ketika digigit hewan.

Salah satu bunga yang berbahaya bagi hewan peliharaan adalah Lili Perdamaian. Meskipun bunga bernama latin Spathiphyllum wallisii ini kerap berada di daftar teratas para penghobi, namun nyatanya tanaman ini bisa berbahaya untuk anjing dan kucing.

"Ketika anjing dan kucing memakan daun, bunga, atau tangkai bunga perdamaian, bahan kimia di dalam tanaman tersebut akan membakar mulut dan tenggorokan mereka. Hal ini kemudian dapat menyebabkan air liur yang berlebihan, muntah dan kesulitan bernapas," terang The Good Plant, seperti dilansir dari Dailymail, Rabu, (11/8).

Tanaman lain yang dianggap The Good Plant berbahaya bagi hewan peliharaan adalah Bunga Cendrawasih Raksasa (Giant Bird of Paradise). Selain itu, juga ada Ara Biola (Ficus iyrata) yang juga membuat hewan peliharaan muntah dan kesulitan bernapas.

"Telinga Gajah merupakan tanaman populer lainnya yang dikenal karena daunnya yang panjang dan menarik namun akan membuat hewan peliharaan sangat tidak nyaman. Pohon Karet Merah Anggur adalah yang terakhir di daftar tanaman populer yang dapat menimbulkan ancaman bagi hewan." (M-4)

 

BERITA TERKAIT