31 July 2021, 14:49 WIB

Amazfit Bip U Pro, Jam Cerdas Ramah di Kantong


Putri Rosmalia | Weekend

Jam pintar atau smartwatch jadi jenis jam tangan yang paling dicari saat ini. Fitur canggih yang dilengkapi dengan berbagai mode pendukung aktivitas olahraga dan pemantauan kesehatan membuat jam pintar umumnya memiliki harga tinggi.

Keinginan pecinta jam untuk bisa memiliki jam pintar dengan harga terjangkau  itu  direspons oleh perusahaan asal Tiongkok, Huami untuk merilis Amazfit Bip U Pro. Jam pintar ini dijual dengan harga sekitar Rp800 ribu. Terdapat tiga pilihan warna dari Amazfit Bip U Pro. Ketiganya ialah hitam, toska, dan pink.

Memiliki harga kompetitif, Amazfit Bip U Pro hadir dengan fitur-fitur cukup menarik. Untuk bisa menggunakan semua fitur yang tersedia, jam harus lebih dulu dikoneksikan dengan aplikasi Zepp di telepon genggam menggunakan bluetooth. 

Saat dicoba Media Indonesia, tak butuh waktu lama agar jam dan aplikasi terhubung satu sama lain. Meski begitu, pengguna harus menyediakan ruang yang cukup besar di telepon genggam karena ukuran aplikasi Zepp cukup besar mencapai ratusan megabyte ketika telah mulai digunakan dan akan semakin bertambah seiring makin banyaknya aktivitas yang terekam.

Dari segi tampilan, Amazfit Bip U Pro memiliki model yang umum khas jam pintar pada umumnya dengan konsep minimalis dan bercorak warna polos. Karena harganya yang terjangkau, bagian utama atau badan jam sepenuhnya terbungkus oleh bahan plastik. Sementara bagian strap atau tali jam terbuat dari bahan silikon yang lentur tetapi tak terlalu tebal. 

Untuk bagian layar, dengan luas layar 1,43 inc jam ini memiliki ruang layar sentuh yang cukup luas untuk digerakkan. Warna yang muncul juga tajam dan tak pucat atau terkesan lusuh. 

Ketika sudah terhubung dengan aplikasi Zepp, Amazfit Bip U Pro memiliki pilihan tampilan layar hingga mencapai 50 jenis. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan foto pilihan pribadi untuk dijadikan background utama layar jam. 

Namun, tampilan layar Amazfit Bip U Pro rupanya tak begitu baik ketika digunakan di luar ruangan dan di bawah sinar matahari. Meski tingkat pencahayaan telah diatur hingga paling maksimal, layar tetap cenderung gelap ketika dilihat di bawah sinar matahari.

Meski memiliki berbagai keterbatasan, Amazfit Bip U Pro rupanya cukup terdepan dari segi fitur. Jam ini memiliki memiliki 60 macam fitur pendukung aktivitas olahraga. Di antaranya olahraga lari, treadmill, jalan kaki, bersepeda, yoga, basket, badminton, hingga berenang. 

Dengan kemampuan tahan air atau water resistant, jam ini juga aman digunakan berkegiatan yang beresiko basah. Konon jam ini juga bisa tetap hidup dan merekam aktivitas olahraga ketika penggunanya memakainya saat berenang.

Salah satu keunggulan lain dari Amazfit Bip U Pro ini adalah built-in GPS. Dengan GPS yang telah terpasang di badan jam, pengguna dapat merekam aktivitas olahraganya tanpa perlu mengoneksikannya dengan aplikasi di telepon genggam. GPS juga bergerak dengan cepat dan akurat ketika digunakan.

Untuk fitur kesehatan, Amazfit Bip U Pro memiliki kemampuan untuk menghitung detak jantung, memantau kualitas dan aktivitas tidur, dan yang paling menarik ialah kemampuan untuk mengukur tingkat saturasi oksigen. Bagi pengguna perempuan, jam tangan garapan perusahaan Huami asal Tiongkok ini juga memiliki fitur kalendar menstruasi dan masa subur. 

Pengukur saturasi oksigen merupakan alat kesehatan yang paling banyak dicari saat ini dengan adanya pandemi covid-19. Namun, karena memang bukan termasuk alat kesehatan profesional, pengukuran saturasi oksigen berjalan lambat dan kerap gagal melakukan pengukuran ketika terjadi sedikit saja gerakan di tangan atau jam kurang terpasang dengan baik.

Amazfit Bip U Pro juga memiliki fitur alexa yang memungkinkannya menerima perintah suara. Fitur ini jarang ditemui di jam pintar dengan harga terjangkau lainnya. Selain Alexa, smartwatch ini juga mendukung integrasi akun WeChat, Google Fit, Strava, dan Relive.

Sayangnya untuk bisa menggunakan fitur alexa rupanya perlu dilakukan aktivasi lebih lanjut lewat aplikasi yang cukup rumit dan kerap tak berhasil. Hal itu tak mengherankan mengingat jam ini memang merupakan jam dengan harga di bawah rata-rata jam pintar berkualitas tinggi yang bisa mencapai jutaan rupiah.

Terkait ketahanan baterai, Amazfit Bip U Pro dibekali dengan baterai yang dapat bertahan hingga 9 hari dengan penggunaan sebagai smartwatch biasa. Sementara jika fitur-fiturnya digunakan secara intensif, baterai bisa bertahan hingga 5 hari pemakaian. Kapasitas baterainya sendiri adalah 230mAh. (Pro/M-2) 

BERITA TERKAIT