30 July 2021, 14:30 WIB

Instagram Jadikan Pengguna di Bawah 16 Tahun Otomatis Privat


Galih Agus Saputra | Weekend

INSTAGRAM meluncurkan kebijakan baru bagi pengguna di bawah usia 16 tahun. Kelompok usia itu secara otomatis bakal mendapat akun privat ketika mendaftar di platform medsos berbagi foto dan video tersebut.

Sebagaimana dilansir dari The Verge, Rabu, (28/7), Instagram  mengatakan kebijakan itu diambil untuk membatasi interaksi 'pengguna bermasalah' dengan pengguna yang masih di bawah umur. Lebih dari itu, platform tersebut juga menjelaskakan bahwa Instagram kini dapat mengidentifikasi 'perilaku pengguna yang berpotensi mencurigakan'.  

Jika kedapatan ada hal mencurigakan dari pengguna dewasa maka mereka ini akan dipisahkan secara virtual dari pengguna berusia di bawah 16 tahun. Sebaliknya, Instagram juga tidak akan menampilkan akun di bawah 16 tahun di halaman jelajah, Reel, atau akun yang disarankan.

"Kami mencoba mencari tahu apakah orang dewasa menunjukkan perilaku mencurigakan. Orang dewasa mungkin belum melanggar aturan, tetapi mungkin akan melakukan hal-hal yang membuat kita melihatnya lebih dalam" tutur Kepala Kebijakan Publik Instagram, LarKarina Newton. 

Pada saat yang sama, Facebook juga tengah mengembangkan aplikasi untuk anak di bawah 13 tahun.  Rencana tersebut diumumkan Maret lalu, dan mendapat banyak  kritik sekaligus masukan.

Menurut Newton rencana kebijakan Facebook untuk anak-anak kini masih dalam tahap pengembangan dan konsultasi mendalam bersama sejumlah tenaga ahli di bidang anak-anak dan privasi. "Untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan remaja, kami sedang mencari cara untuk membangun sesuatu yang menarik bagi para remaja dan bekerja untuk orangtua mereka," pungkasnya. (M-1)

BERITA TERKAIT