23 July 2021, 19:20 WIB

Ingin Buat Video Pendek? Coba Fitur YouTube Shorts ini


Putri Rosmalia | Weekend

YouTube Shorts secara resmi telah meluncur dan dapat digunakan di Indonesia. Fitur baru untuk membuat konten video pendek lewat telepon pintar tersebut sebelumnya telah lebih dulu diluncurkan di India dan Amerika Serikat.

“Senang sekali akhirnya bisa diluncurkan di Indonesia setelah sebelumnya lebih dulu ada di India dan berhasil meraih respon yang sangat bagus di sana,” ujar Direktur Marketing YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara di Google, Veronica Utami, dalam peluncuran virtual YouTube Shorts, Jumat, (23/7).

Veronica mengatakan YouTube Shorts saat ini masih hadir dalam versi beta. Namun, pembaruan dan peningkatan kualitas akan terus dilakukan seiring dengan penggunaan para YouTubers yang juga meningkat nantinya.

Ia menjelaskan, YouTube Shorts pada dasarnya merupakan fitur yang dibuat guna mempermudah para konten kreator membuat video secara langsung dari telepon genggam. Di dalamnya terdapat beberapa fitur untuk membuat konten jadi lebih variatif dan menarik.

“Para kreator bisa langsung membuat, mengedit, dang mengunggah  video dari ponselnya,” ujarnya.

YouTube Shorts memungkinkan pengguna membuat video pendek dengan durasi sekitar 15 hingga 60 detik. Tak sekadar video dari pengguna, di YouTube Shorts juga terdapat beberapa pilihan filter, latar musik, hingga teks yang juga bisa disertakan dalam konten yang akan diunggah.

“Jadi bisa lebih menarik karena bisa dirangkai audionya dengan video yang kita buat,” tutur Veronica.

Untuk mulai menggunakan YouTube Shorts, pengguna hanya tinggal masuk ke aplikasi YouTube lewat perangkat Android atau Apple. Pada baris menu bagian bawah di halaman utama akan muncul ikon bertuliskan ‘Shorts’. ketika di klik, berbagai video unggahan di YouTube Shorts akan langsung muncul dan pengguna juga bisa langsung ikut membuat videonya.( M-4)

BERITA TERKAIT