22 July 2021, 11:34 WIB

Chloe Zhao dan Bong Joon-ho Jadi Juri Venice Film Festival 2021


Fathurozak | Weekend

Festival Film Venesia akan berlangsung pada 1-11 September tahun ini. Edisi ke-78 festival film ini juga telah mengumumkan anggota dewan juri mereka. Pada edisi tahun lalu, aktris Cate Blanchett menjadi presiden jurinya. Untuk tahun ini, giliran sutradara asal Korea Selatan Bong Joon-ho yang menggantikan posisi Blanchett sebagai presiden juri.

Tahun lalu, film Nomadland berhasil membawa Leone d’Oro (Golden Lion) di Venesia. Penghargaan tertinggi dalam festival tersebut. Dan pada tahun ini, sang sutradara Chloe Zhao, akan bergabung menjadi anggota dewan juri bersama Bong.

Selain Zhao dan Bong yang diumumkan sebagai anggota juri Venice Film Festival, melalui situs resmi La Biennale juga diumumkan anggota juri untuk edisi ke-78. Mereka adalah Saverio Costanzo (sutradara asal Italia), Virginie Efira (aktris Belgia-Prancis), Cynthia Erivo (aktris asal Inggris), Sarah Gadon (aktris-produser asal Kanada), dan Alexander Nanau (sutradara asal Rumania).

“Juri Festival Film Venesia ke-78 akan memberikan hadiah resmi berikut untuk film feature yang ikut dalam program kompetisi: Golden Lion untuk film terbaik, Silver Lion - Grand Jury Prize, Silver Lion untuk sutradara terbaik, Coppa Volpi untuk aktris terbaik, Coppa Volpi untuk aktor terbaik, Special Jury Award, penghargaan untuk skenario terbaik, dan penghargaan Marcello Mastroianni untuk aktor atau aktris muda baru terbaik,” dikutip dari situs resmi Venesia, Kamis, (23/7).

Sementara, untuk program kompetisi Orizzonti, film-film yang berkompetisi akan dinilai oleh anggota juri sutradara asal Bosnia dan Herzegovina Jasmila Zbanic (presiden juri), sutradara Norwegia Mona Fastvold, sutradara Iran Shahram Mokri, kurator film independen MoMA New York Jos Siegel, dan penulis Italia Nadia Terranova. Salah satu kategori penghargaan dalam kompetisi Orizzonti adalah film pendek. (M-4)

BERITA TERKAIT