15 July 2021, 22:15 WIB

Begini Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu


M. Ilham Ananditya | Weekend

MARAKNYA peredaran madu palsu membuat kita waspada pada apa saja yang akan kita konsumsi. Maka dari itu, sebelum membeli madu perlu dipahami apa-apa saja ciri-ciri dari madu yang asli.

Sebelumnya sempat ditemukan perederan madu palsu yang kemudian berhasil diringkus oleh pihak berwenang, salah satu bentuk produk madu palsu terdapat salah satu campuran pakan ternak yang berbahaya jika dikonsumsi manusia.

Pakar toksikologi Universitas Indonesia (UI) Budiawan menjelaskan, salah satu campuran itu adalah molase yang merupakan produk sampingan dari industri pengolahan gula atau tebu. Warnanya keruh cokelat mirip madu dan kental namun rasanya tidak mirip madu asli. masyarakat mengenalnya (molase) sebagai tetes tebu.

Hal ini supaya kita tidak mudah terkecoh dan menyadari ketika membeli madu palsu. Bukannya mendatangkan khasiat, membeli madu palsu bisa saja dapat menimbulkan dampak yang buruk pada kesehatan tubuh.

Ada beberapa cara membedakan madu asli dengan yang palsu adalah, langkah pertama campurkan madu ke dalam air, apabila terjadi gumpalan dan mengendap tandanya madu itu asli. Berbeda jika larut dengan air.

Baca juga : Masak Makanan Sehat Selama Pandemi, Perlu Perhatikan Kualitas Alat Masak

Yang kedua, menyelupkan batang korek api ke madu. Jika setelah dinyalakan, api tetap menyala artinya madu tersebut asli. Langkah ketiga menggunakan kertas atau tissue, apabila madu asli tidak akan terserap atau meninggalkan noda karena tidak memiliki campuran air.

Langkah keempat menggunakan jari kita, jika kita meletakkan madu pada jari dan lengket maka madu tersebut palsu. Karena madu asli akan menyerap ke kulit.

Banyak orang yang menggunakan madu sebagai pemanis makanan yang menyehatkan, karena memang madu memiliki manfaat di antara lain seperti antibakteri, meredakan radang tenggorokan, meningkatkan stamina, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan luka bakar, bahkan hingga bentuk pencegahan kanker.

Dengan begitu banyak manfaat, tak heran jika Anda kemudian ingin membeli madu dan mengonsumsinya. (OL-7)

BERITA TERKAIT