03 July 2021, 22:04 WIB

Kiat Aman Gunakan Aplikasi Kencan


Putri Rosmalia | Weekend

Teknologi telah memiliki peran penting pada perjalanan manusia dalam menemukan cinta. Terutama setelah satu setengah tahun masa penguncian sosial yang membuat koneksi digital menjadi opsi terbaik cara membangun relasi. 

Berbagai pilihan aplikasi penyedia jasa kencan atau biro jodoh daring juga telah tersedia. Mulai dari Tinder, Bumble, OkCupid, Mamba, Pure, Feeld, Her, Happn, hingga Badoo.

Meski memiliki peran yang besar dan dianggap menyenangkan oleh banyak penggunanya, ternyata terdapat risiko dari penggunaan aplikasi kencan daring. Umumnya aplikasi kencan daring terlalu banyak mengekspos informasi pribadi tentang pengguna. Hal itu membuat pengguna rentan terhadap ancaman seperti cyberstalking dan doxing. Cyberstalking adalah aksi penguntitan di dunia maya, sedangkan doxing adalah penyebarluasan data pribadi. 

Untuk mencegah potensi terjadinya cyberstalking dan doxing, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan oleh pengguna aplikasi kencan menurut pakar keamanan Kaspersky, Tatyana Shishkova, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, (1/7).

1. Jangan terlalu banyak membagikan informasi pribadi seperti nama belakang, pekerjaan, foto dengan teman, hingga pandangan politik, di kolom profil.
2. Jangan menghubungkan akun media sosial lain ke profil di akun kencan daring. 
3. Isi kolom lokasi secara manual
4. Jika memungkinkan, gunakan otentikasi dua faktor
5. Segera hapus atau sembunyikan profil Anda jika tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut.
6. Selalu gunakan messenger bawaan di aplikasi kencan untuk berkomunikasi dengan calon pasangan. Pindahlah ke messenger lain hanya ketika Anda sudah memercayai pasangan Anda. (RO/M-2) 

BERITA TERKAIT