22 May 2021, 10:00 WIB

Puluhan Kucing Besar di Serial Tiger King Disita


Galih Agus Saputra | Weekend

DEPARTEMEN Kehakiman Amerika Serikat (AS) dikabarkan telah menyita 68 kucing besar yang tampil di serial dokumenter Tiger King. Dalam pernyataan tertulis setebal 50 halaman, jaksa penuntut mengatakan kepemilikan seekor jaguar, tujuh singa, 46 harimau, dan 15 hibrida singa-harimau itu melanggar kebijakan konservasi internasional, Endangered Species Act (ESA).

Sebagaimana dilansir dari The Guardian, Jumat, (21/5), dokumen tersebut menyatakan, "ada kemungkinan alasan untuk meyakini bahwa 68 kucing besar dan jaguar terus disakiti dan dilecehkan, dan oleh karena itu dianggap melanggar ESA".

Asisten Jaksa Agung Divisi Lingkungan dan Sumber Daya Departemen Kehakiman AS, Jean Williams mengatakan penyitaan ini mengisyaratkan pesan yang jelas. "Bahwa Departemen Kehakiman menangani dugaan bahaya terhadap hewan yang dibesarkan di penangkaran yang dilindungi oleh Undang-Undang Spesies Terancam Punah dengan sangat serius," katanya.

Tiger King yang tayang di Netflix pada Maret 2020 mengangkat kisah seputar kehidupan Joe Exotic, seorang pawang di kebun binatang pribadi Big Cat Rescue. Miniseri yang juga mengungkap kisah kriminal Joe, yang sekarang menjadi tahanan, itu menjadi tayangan yang meroket di AS.

Departemen Kehakiman AS dalam keterangan tertulisnya turut menjelaskan bahwa kasus tersebut kini sedang diselidiki Departemen Pertanian dan Ikan dan Satwa Liar, Departemen Dalam Negeri. Selain dianggap melanggar ESA, Jeffrey Lowe dan istri, Lauren Lowe sebagai pemilik, juga dianggap telah melanggar Undang-Undang Kesejahteraan Hewan. Departemen Kehakiman AS menuduh mereka telah memamerkan hewan-hewan itu tanpa izin dan membahayakan kesehatannya. (M-1)

BERITA TERKAIT