14 April 2021, 22:45 WIB

Mengenal Keunggulan Daging Sapi Khas Jepang


mediaindonesia.com | Weekend

DALAM rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-11 pada 15 Maret lalu, Steak Hotel by Holycow! mengajak konsumen untuk menikmati lezatnya steak wagyu secara gratis.

Melalui program  #Exce11entYearswithHolycowID, para penggemar steak yang beruntung dapat memperoleh kesempatan makan malam menu steak wagyu fullblood A5 terbaik dari Jepang, makan steak gratis setiap hari selama 3 bulan, atau mendapatkan voucer Rp2,5 juta untuk pesan makanan atau membeli daging segar di meat shop TKP (Tempat Karnivora Pesta) Radio Dalam. Program ini dapat diikuti para konsumen sejak 15 Maret hingga 15 Juni 2021.

"Kami bersyukur di usia kami yang kesebelas tahun, Steak Hotel by Holycow! dapat terus menjadi pilihan favorit masyarakat untuk menikmati steak wagyu berkualitas dengan harga bersahabat. Tentu tidak mudah bagi kami bisa mencapai posisi ini, terutama saat awal pandemi di tahun lalu yang sangat menantang bagi para pelaku usaha, khususnya industri kuliner," ujar Wynda Mardio, Founder Steak Hotel by Holycow!, dalam keterangannya, Senin (12/4).

Menurut Wynda, dukungan dari berbagai pihak, termasuk konsumen, sangat berarti bagi usahanya. Karena itu, sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen yang telah banyak berkontribusi terhadap keberlangsungan industri kuliner di Indonesia, Steak Hotel by Holycow! memberikan kesempatan bagi penggemar steak untuk menikmati beragam menu steak lezat, salah satunya jenis steak wagyu fullblood A5 terbaik secara gratis.

Perjalanan usaha Steak Hotel by Holycow! dimulai sejak 15 Maret 2010 saat Wynda Mardio membuka warung steak pinggir jalan untuk pertama kalinya. Pemilihan tanggal pembukaan pada 15 Maret yang bertepatan dengan ulang tahun sang suami itu merupakan hasil pemikiran sederhana Wynda agar dapat mengajak konsumen dan para sahabat untuk merayakannya setiap tahun dengan menyantap hidangan steak khas buatan Wynda.

Resep dan bumbu yang digunakan pada menu Steak Hotel by Holycow! juga merupakan hasil racikan Wynda sendiri yang terus digunakan hingga sekarang.

Kini, Steak Hotel by Holycow! telah berkembang dan memiliki 14 outlet di beberapa kota besar di Indonesia. Selain itu, khusus di TKP Radio Dalam, Steak Hotel by Holycow! menghadirkan meat shop yang menyediakan bermacam jenis daging segar, mulai dari daging untuk keperluan masak sehari-hari, hingga ragam daging premium yang jarang ditemukan di tempat lain, seperti wagyu fullblood A5.


Baca juga: Semakin Praktis, Inilah Kumpulan Aplikasi untuk Memesan Makanan


Wagyu merupakan jenis sapi yang berasal dari Jepang. Penamaan jenis sapi ini juga sesuai dengan asalnya yaitu 'Wa' yang berarti Jepang dan 'Gyu' berarti sapi.

Daging sapi wagyu fullblood merupakan daging yang berasal 100% dari genetika sapi Jepang dan dibesarkan dengan menggunakan teknik khusus seperti pemberian makanan bernutrisi yang dihasilkan oleh kekayaan sumber daya alam di lingkungan tempat ternak dipelihara. Sehingga sapi wagyu menghasilkan tekstur marbling yang luar biasa dan rasa lezat yang langsung meleleh di mulut.

Selain kelembutan dan rasa yang luar biasa, wagyu juga dikenal dengan manfaat kesehatannya. Daging sapi yang memiliki marbling seperti daging wagyu mengandung proporsi asam lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi karena memiliki konsentrasi asam oleat yang tinggi.

Asam oleat merupakan asam lemak tidak jenuh yang mengandung omega-9 yang diperoleh dari hewan atau tumbuhan sehingga baik untuk dikonsumsi tubuh kita.

Berikut tiga jenis daging wagyu fullblood A5 terbaik yang dapat dinikmati dan tersedia di Steak Hotel by Holycow!, yakni wagyu Satsuma atau lebih dikenal dengan Satsuma Gyu merupakan hasil dari jenis sapi rambut hitam Japanese Black yang diternakkan di Prefektur Kagoshima. Satsuma Gyu merupakan salah satu pemenang Wagyu Olympic, yakni kompetisi bagi peternak sapi wagyu paling bergengsi di Jepang. Penghargaan itu menjadikan Satsuma daging wagyu terbaik di Jepang dan di dunia.

Kemudian ada wagyu Omi Hime yang merupakan salah satu dari 5 jenis wagyu premium Kuroge (fullblood). Ternak ini berasal dari Prefektur Shiga. Omi Hime telah dikenal sejak zaman Edo hingga saat ini sebagai merek daging sapi tertua di Jepang.

Semua ini berkat kekayaan lahan pertanian di sekitar Danau Biwa, yang masih mereka pelihara dan lestarikan hingga sekarang. Karena berasal dari sapi betina yang masih perawan, wagyu Omi Hime memiliki kuantitas yang terbatas membuat daging ini semakin spesial.

Terakhir ada wagyu Matsusaka yang diperoleh dari sapi Japanese Black yang diternakkan di Kota Matsusaka, Prefektur Mie. Rasa dagingnya cenderung manis dengan lemak yang lembut. Dibutuhkan waktu selama 3 tahun agar sapi dewasa dan mengikuti beberapa syarat, seperti sapi harus dari ras Kuroge, betina, dan belum pernah melahirkan. (RO/S-2)

BERITA TERKAIT