10 April 2021, 18:45 WIB

Greta Thunberg Minta KTT Iklim Ditunda


Nike Amelia Sari | Weekend

PANDEMI yang masih terjadi membuat aktivis muda, Greta Thunberg meminta KTT Iklim COP26 untuk ditunda. KTT tersebut dijadwalkan berlangsung 1 - 12 November 2021 di Glasgow, Inggris. 

"Ini (KTT) perlu terjadi dengan cara yang benar. Tentu saja, hal terbaik yang harus dilakukan adalah membuat semua orang divaksinasi secepat mungkin sehingga semua orang dapat mengambil bagian dalam KTT dengan kondisi yang sama." ujarnya, seperti dilansir dari bbc.com, Sabtu (10/4).  

Aktivis asal Swedia berusia 18 tahun itu juga menyatakan jika tidak akan hadir di KTT tersebut. Keputusan Greta diyakini tidak menguntungkan pemerintah Inggris sebagai penyelenggara KTT sebab kehadirannya dinantikan banyak pihak. 

Sejak meroket sebagai aktivis muda pada 2,5 tahun lalu, Greta selalu hadir di acara-acara lingkungan besar dunia. Ia pun menjadi simbol perubahan.

Namun, selain karena pandemi, Greta menyiratkan pesimismenya akan pengaruh KTT. Baginya, KTT bukanlah satu-satunya cara untuk mempengaruhi perubahan. "Terus terang, perubahan harus datang dari orang-orang yang menuntut aksi iklim. ", ungkapnya.

Pertemuan ini akan menjadi pertama kalinya terselenggara KTT terbesar di Inggris yang digambarkan sebagai peristiwa iklim paling siginifikan sejak Perjanjian Paris 2015. Para pemimpin negara, akan melaporkan kembali kemajuan sejak Perjanjian Paris dan berpotensi membuat keputusan baru tentang cara mengurangi emisi karbon.

Pada COP25di Madrid, Spanyol, Greta tampil memberikan pidato utama.  Pertemuan para pihak tersebut berakhir dengan banyak masalah yang belum terselesaikan, tetapi menghasilkan kesepakatan bersama tentang pengurangan gas karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan global. (M-1)

BERITA TERKAIT