10 April 2021, 01:00 WIB

GoPlay Tancap Gas di Platform Live Streaming


Galih Agus Saputra | Weekend

Zaman kini, kreator konten telah menjadi suatu profesi yang cukup prospektif dan diminati banyak orang, khususnya generasi milenial. 

Melihat fenomena itu, GoPlay kini mengincar kolaborasi dengan para kreator konten untuk siaran langsung. 

CEO GoPlay, Edy Sulistyo mengatakan GoPlay kini telah berdiri lebih dari sekadar panggung (platform) siaran langsung.  Mereka sudah memiliki ide dasar saluran sebagai wadah pendukung generasi masa depan Indonesia dalam melahirkan konten positif. 

Beberapa talenta atau kreator konten yang telah teridentifikasi kreatif, lanjut Edy, bahkan akan diberi fasilitas dalam bentuk tim kreatif. Mereka juga diperkenankan untuk mengakses fasilitas studio GoPlay secara gratis. 

"Maka dari itu kini kami mendorong teman-teman kreator konten itu untuk lebih berani dan menyiarkan konten mereka secara live. Nanti kami akan membantu mereka untuk menjadi lebih keren," katanya, dalam konferensi pers daring, Jumat, (9/4).

Pada saat yang sama, Edy turut mengumumkan wajah baru panggung siaran langsung yang berdiri sejak 2018 tersebut. Ia menjelaskan, mulai tahun ini fokusnya akan menjadi GoPlay Live demi memanjakan pengguna untuk menikmati beragam siaran langsung. 

GoPlay, menurut Edy, dewasa ini telah menyadari bagaimana pertumbuhan penonton siaran langsung. Laporan terbaru dari App Annie menyatakan jumlah jam yang dihabiskan pada aplikasi siaran langsung di Indonesia pada juartal IV 2020 telah mencapai 8,33 miliar jam. Angka ini naik hampir dua kali lipat dari kuartal IV 2019 yang hanya sebesar 4,94 miliar jam. 

Dari laporan itu pula, para pengguna diketahui juga akan mengunduh dan menginstal lebih dari satu hingga 9,5 aplikasi siaran langsung. Fenomena tersebut rupanya berbanding lurus dengan minat pengguna dalam mencari hiburan baru melalui aplikasi selama berkegiatan di rumah.

Oleh karena itu, Edy menjelaskan GoPlay mencoba untuk selalu hadir sebagai rumah bagi kreator konten tanah air agar dapat berkreasi dan memasarkan karya mereka secara lebih luas dalam lingkungan yang aman dan kondusif, termasuk di tengah pandemi COVID-19.

"Dukungan tersebut sebelumnya kami hadirkan kepada para sineas perfilman tanah air melalui konten GoPlay Original, yang kini diperluas ke ranah live show dengan menghadirkan ragam konten GoPlay Live Original yang baru nan segar. Apalagi dengan berbekal teknologi, kini setiap orang juga dapat menjadi kreator konten secara lebih mudah dan cepat,” pungkas Edy.

Adapun pada tahun ini, salah satu program unggulan GoPlay Live adalah konten virtual idol, sebuah hiburan dengan memanfaatkan teknologi yang menampilkan karakter avatar animasi dalam dua atau tiga dimensi. GoPlay menyebut konsep tersebut akan menjadi sebuah tayangan unik dan menarik.

GoPlay Live akan berkolaborasi dengan dua virtual idol lokal populer Andi Adinata dan Alia Adelia dalam menghadirkan berbagai konten
eksklusif GoPlay Live Original.

Kolaborasi ini akan menjadi program live show interaktif virtual idol pertama yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan tokoh virtual mereka melalui fitur-fitur interaktif GoPlay Live.

Kedua virtual idol tersebut secara akan hadir dalam program spesial #NontonGPL (GoPlay Live/Gak Pake Lama) yang akan ditayangkan oleh GoPlay Live pada 12 April 2021. Pengguna dapat menikmati virtual idol dan berbagai konten live secara gratis selama 24 jam. (Ant/M-2) 

BERITA TERKAIT