09 April 2021, 22:09 WIB

Bayi Gajah di Kebun Binatang ini Mati Setelah Ditolak Induknya


Adiyanto | Weekend

Seekor gajah berusia dua minggu mati setelah ditolak oleh keluarga induknya. Kejadian ini terjadi di sebuah kebun binatang di Swedia.

"Meskipun telah tiga hari mendapat perawatan intensif dari dokter hewan dan pengasuh yang mendampinginya siang dan malam, hewan kecil itu meninggalkan kami hari ini," kata pihak kebun binatang dalam sebuah posting yang diunggah di Instagram, Jumat (9/4).

Gajah betina itu lahir pada 26 Maret dan belum diberi nama. Dia ditolak keluarga induknya setelah kelahiran gajah lain yang berjenis kelamin jantan di kebun binatang itu pada Senin. Pihak kebun binatang mengatakan tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghentikan penolakan tersebut. Mereka juga tidakmenjelaskan kenapa gajah betina itu ditolak.

"Kami semua sangat sedih, tetapi pada saat yang sama kami berusaha bersukacita karena gajah lainnya tampak sehat," tambah pesan itu.

Kebun binatang Boras Djurpark, di Swedia barat, memiliki selusin gajah sabana Afrika, tetapi kelahiran di penangkaran jarang terjadi. Di alam liar, jumlah populasi hewan itu menurun tajam lantaran perburuan liar yang terjadi bertahun-tahun dan habitat yang menyusut.

Setengah abad lalu, 1,5 juta gajah berkeliaran di Afrika, tetapi dalam pendataan terbaru terhadap jumlah populasi yang dilakukan pada 2016, hanya tersisa 415.000 ekor. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT