10 March 2021, 12:00 WIB

Sembilan Penyu Langka Berukuran Raksasa ini Berhasil Ditetaskan


Adiyanto | Weekend

SEMBILAN penyu belimbing, salah satu spesies penyu terbesar di dunia yang terancam punah, berhasil ditetaskan di sepanjang Pantai Ekuador.

Kementerian Lingkungan Hidup Ekuador mengatakan, telur dermochelys coriacea, nama ilmiah penyu tersebut,  diinkubasi dengan bantuan teknologi di pantai Punta Bikini, di provinsi Manabi di barat daya negara itu.

Penjaga hutan di wilayah tersebut telah memindahkan sarang mereka setelah musim dingin ekstrem melanda wilayah pesisir.

"Penetasan baru ini memungkinkan kami untuk menentukan bahwa kami dapat mencapai tingkat penetasan buatan yang tinggi untuk penyu ini, yang merupakan tahap penting bagi Ekuador dalam masalah konservasi," kata dokter hewan Daniel Alava, dari Corazon and Fragatas Island Refuge, dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Rabu (10/3)

Pada Januari lalu, sebanyak 60 penyu belimbing, yang berukuran panjang hingga tiga meter (sembilan kaki) dan berat hingga satu ton, lahir di negara Amerika Selatan, juga di Manabi.

"Di pantai Manabi, ini kedua kalinya kami melakukan inkubasi spesies ini, yang memiliki tingkat reproduksi rendah, hanya 50% dari telur yang menetas," kata pernyataan itu.

Spesies Dermochelys coriacea hidup di perairan beriklim subtropis dan subarktik di Samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia. Populasi hewan-hewan itu terancam punah di Pasifik timur.

Sarang penyu belimbing juga ditemukan di sepanjang Pantai Ekuador pada tahun 2015 dan 2017, namun telurnya tidak menetas. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT