10 March 2021, 08:00 WIB

Rusia dan Tiongkok Kerja Sama Bangun Stasiun Luar Angkasa di Bulan


Adiyanto |

PEMERINTAH Rusia dan Tiongkok menandatangani nota kesepahaman untuk membangun stasiun luar angkasa bersama di bulan.

Menurut Badan antariksa Rusia, Roscosmos penadatanganan MoU itu dilakukan Selasa (9/3).

Mereka mengatakan stasiun itu akan dirancang sebagai kompleks fasilitas penelitian eksperimental yang dibuat di permukaan dan / atau di orbit Bulan dan akan tersedia untuk digunakan oleh negara lain yang tertarik dan mitra internasional.

Dalam beberapa dekade terakhir, Tiongkok terus mengembangkan proyek luar angkasa mereka. Salah satunya  program eksplorasi Bulan yang diberi nama, Chang'e-5 Mission.

Sebaliknya dengan Rusia, meskipun pernah menjadi yang terdepan dalam perjalanan ruang angkasa dengan mengirim orang pertama ke luar angkasa,  ambisi kosmik mereka telah meredup lantaran minimnya dana.

Mereka kini kalah dari Tiongkok dan Amerika Serikat, yang mencatat lompatan besar dalam eksplorasi dan penelitian ruang angkasa dalam beberapa tahun terakhir.

Moskow berusaha untuk kembali memimpin dalam perlombaan luar angkasa. Tahun ini, Rusia merayakan ulang tahun ke-60 penerbangan luar angkasa berawak pertama mereka, saat mengirim Yuri Gagarin ke luar angkasa pada April 1961, diikuti oleh wanita pertama, Valentina Tereshkova, dua tahun kemudian. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT