04 March 2021, 10:15 WIB

Dear Filmmakers, Festival Dok Leipzig Buka Pendaftaran


Fathurrozak | Weekend

FESTIVAL tahunan film dokumenter dan animasi DOK Leipzig sudah membuka pendaftaran bagi para sineas yang ingin mengirim karya. Memasuki penyelenggaraan ke-64 tahun, DOK Leipzig tetap akan diadakan pada Oktober seperti pada edisi regulernya.

DOK Leipzig telah menayangkan film dokumenter dan animasi dari seluruh dunia selama lebih dari 60 tahun. Kombinasi dua disilpin ini, setidaknya setiap tahunnya mampu mengumpulkan lebih dari 48 ribu pengunjung di Leipzig, Jerman.

Selama pekan festival, banyak bioskop dan tempat di Leipzig dipakai untuk festival tersebut. Pemutaran film, simposium, acara khusus, dan pameran realitas virtual (VR). Pada tahun 2020 DOK Leipzig berlangsung sebagai festival hybrid karena pandemi covid-19, dengan pemutaran bioskop di Leipzig dan secara daring. Program The DOK Industry akan diatur secara eksklusif secara daring tahun ini.

“Kami sudah tidak sabar untuk menjamu DOK Leipzig lagi sebagai festival untuk penonton lokal kami. Kami optimistis hal ini akan terwujud pada bulan Oktober. Kami mencari film yang membawa kita pada perjalanan naratif mereka, yang menimbulkan pertanyaan, memberikan bahan pemikiran, tetapi di atas semua itu juga menginspirasi dan menantang secara artistik,” kata direktur festival Christoph Terhechte dikutip dari situs resmi DOK Leipzig, Selasa, (2/3).

“Kami menantikan kejutan dari wawasan yang Anda bawa, visi Anda yang berani Kami menantikan banyak kiriman!”

Film yang bisa dikirim ke DOK Leipzig adalah dokumenter artistik dan film animasi, perpaduan dua genre tersebut, dan tanpa batasan durasi. Film diproduksi tahun 2020 atau 2021, dan belum ditayangkan secara publik hingga Oktober 2020. 

Selain itu, film tersebut setidaknya harus merayakan penayangan perdana di Jerman di DOK Leipzig. Kriteria lainnya dapat dilihat di peraturan submisi DOK Leipzig. Festival punya dua tenggat waktu pengiriman, pertama adalah 1 Mei 2021 untuk semua film yang diselesaikan sebelum tanggal ini. Batas waktu pengiriman kedua dan terakhir adalah 1 Juli 2021. (M-1)
 

BERITA TERKAIT