04 March 2021, 07:00 WIB

Koleksi Hadiah Pitt untuk Jolie Laku Rp165 Miliar


Fathurrozak | Weekend

SETELAH perceraian dengan Brad Pitt, Angelina Jolie rupanya mulai melepaskan hadiah dari sang aktor. Pada 1 Maret lalu, balai lelang Christie's melelang lukisan yang didaftarkan sebagai properti keluarga Jolie.

Lukisan berjudul Tower of Koutoubia Mosque itu dibuat oleh PM Inggris di era PD II, Winston Churchill, itu dibeli oleh Brad Pitt pada 2011 yang kemudian dihadiahi untuk Jolie. Lukisan itu itu diyakini sebagai satu-satunya lanskap Churchill yang dilukis selama masa perang. 

Dalam lelang, lukisan yang dibuat tahun 1943 terjual dengan harga sekitar US$11,5 juta (sekitar Rp165 miliar lebih). Ini mencatatkan rekor, untuk sebuah karya seni yang dibuat Churchill yang terkenal sebagai pelukis amatir yang tekun.

Harga itu juga naik berkali lipat dari harga saat Pitt membeli dari dealer barang antik New Orleans M.S. Rau, yang mencapai US$2,95 juta.

“Para akademisi selalu memandangnya sebagai pelukis di hari Minggu, tetapi selalu ada penggemarnya, terutama di Amerika,” kata Alan Hobart, direktur Galeri Pyms yang berbasis di London dikutip dari The New York Times, Rabu, (3/3), soal lukisan pemandangan masjid di Kota Marrakesh, Maroko itu. 

Hobart juga menyebut jika lukisan masjid itu memang punya latar kisah yang menarik dan bersejarah. Pasalnya selain dibuat oleh seorang perdana menteri, lukisan itu kemudian dihadiahi Churchill pada Presiden ke-32 Amerika Serikat, Franklin D. Roosevelt.

Kepemilikan Jolie menggenapi sejarah dan glamoritas dari lukisan itu. “Ini adalah Roosevelt, Hollywood dan Churchill. Itu sudah merangkum semuanya," tukas Hobart.

Lelang tertinggi sebelumnya untuk lukisan oleh Churchill adalah $2,75 juta pada tahun 2014, untuk “The Goldfish Pool at Chartwell,” yang berasal dari tahun 1932, menampilkan taman rumah pedesaannya di Kent, Inggris. (M-1)

BERITA TERKAIT