23 February 2021, 13:30 WIB

Puluhan Paus yang Terdampar di Selandia Baru Berhasil Dibebaskan


Adiyanto | Weekend

TIM penyelamat berhasil mengembalikan kembali 28 paus pilot yang terdampar di sepanjang pantai Selandia Baru, Selasa (23/2), namun mereka khawatir mamalia itu kembali ke pantai.

Departemen Konservasi (DOC) mengatakan paus pilot bersirip panjang itu adalah bagian dari sekitar 50 ekor paus yang ditemukan Senin, di Farewell Spit, sekitar 90 kilometer (55 mil) utara kota wisata Nelson di Pulau Selatan.

Sekitar 40 ekor paus didorong ke laut pada Senin malam tetapi kembali ke darat keesokan paginya. Para sukarelawan kemudian membantu memindahkan 28 paus yang selamat kembali ke air.

"Paus telah dekat ke pantai dan tidak pasti apakah mereka akan berenang atau mungkin kembali terdampar," kata seorang juru bicara DOC.

Penjaga dan sukarelawan tetap berada di lokasi, siap untuk menantisipasi jika mamalia itu mulai berenang ke pantai dan terdampar lagi.

Setidaknya, 10 paus pilot terdampar dan mati di pantai itu dalam 15 tahun terakhir. Peristiwa terbaru terjadi pada Februari 2017, ketika hampir 700 mamalia itu terdampar, sebanyak 250 di antaranya mati.

Para ilmuwan memerkirakan di sekitar pantai itu terdapat palung dangkal sehingga mengganggu sonar paus. (AFP/M-4)

 

BERITA TERKAIT