23 February 2021, 03:15 WIB

Gen ini Pengaruhi Kepuasan Pengantin Baru


Deden M Rojani | Weekend

Ilmuwan mengungkap sejumlah variasi gen tertentu berkaitan dengan sifat-sifat yang bermanfaat bagi kepuasan pengantin baru.

Penelitian Psikolog Universitas Arkansas, Anastasia Makhanova, menemukan variasi yang disebut "CC" pada gen CD38 dikaitkan dengan peningkatan tingkat rasa syukur. 

Makhanova, asisten profesor psikologi dan penulis pertama studi menyebut, kepuasan pernikahan cenderung mulai tinggi kemudian turun.

"Kami tertarik untuk melihat apakah beberapa alasan yang membuat orang mungkin kesulitan mempertahankan kepuasan hubungan selama periode baru menikah adalah karena kecenderungan genetik yang mendasari," kata dia mengacu pada riset yang telah terbit dalam jurnal Nature Scientific Reports.  

Untuk penelitian ini, para peneliti mempelajari 71 pasang pengantin baru. Mereka membandingkan hasil survei dengan variasi CD38 dan menemukan bahwa responden yang memiliki variasi CC spesifik melaporkan tingkat bersyukur yang lebih tinggi terkait dengan kepuasan pernikahan.

 "Individu CC merasa lebih bersyukur untuk pasangan mereka, melaporkan kepercayaan yang lebih tinggi pada pasangan mereka, lebih memaafkan pasangan mereka, dan lebih puas dengan pernikahan mereka daripada individu AC / AA," tulis para peneliti.

Sementara penelitian menunjukkan kemungkinan adanya hubungan genetik dengan kepuasan pernikahan, Makhanova mencatat bahwa itu tidak berarti mereka yang tidak memiliki variasi CD38 CC tidak akan memiliki hubungan yang sukses.

 "Jadi, bukan orang yang tidak memiliki genotipe CC pasti punya masalah," katanya.  "Hanya saja mereka cenderung memiliki masalah di beberapa domain ini, sehingga orang-orang itu mungkin harus bekerja lebih keras di domain tersebut." (medicalxpreds/M-2) 

BERITA TERKAIT