19 February 2021, 13:35 WIB

Mendarat dengan Sukses, Perseverance Kirim Foto dari Mars


Bagus Pradana | Weekend

Selang beberapa menit setelah wahana penjelajah Perseverance milik NASA melakukan pendaratan di Mars, wahana robotik itu kemudian mengirim dua buah gambar pertamanya yang ia ambil dari Kawah Jezero.

Setelah perjalanan tujuh bulan ke Planet Merah, Perseverance akhirnya berhasil menyelesaikan prosedur pendaratan berbahaya di planet keempat dalam tata surya kita, yang dijuluki "tujuh menit teror" pada hari Jumat (19/2) dini hari tadi. Pendaratan ini kemudian diumumkan secara resmi oleh NASA pada pukul 4.00 WIB pagi tadi di Markas Jet Propulsion Laboratory NASA, California. 

"Pendaratan ini adalah salah satu momen penting bagi NASA, Amerika Serikat, dan eksplorasi luar angkasa secara global - saat ini  kita berada di titik puncak penemuan, kita sedang mengasah pensil, dan bisa dikatakan akan menulis ulang 'buku teks' (sejarah)," kata penjabat Administrator NASA, Steve Jurczyk, seperti dilansir dari cnn.com, Jumat (19/2).

Hanya berselang beberapa menit setelah kabar baik itu tiba, NASA kemudian menerima dua gambar (foto) pertama dari wahana penjelajahnya.

Foto-foto ini diambil dengan kamera darurat (Hazcam) yang dipasang pada wahana tersebut, dengan gambar yang masih hitam putih. Nantinya foto-foto baru yang dikirimkan oleh wahana ini akan sangat berguna bagi para peneliti untuk mengidentifikasi permukaan planet tersebut.

Dua foto yang diambil Perseverance menunjukkan panorama permukaan Mars yang berbatu persis seperti gambar yang diperkirakan para ilmuwan dalam misi tersebut, yang memperlihatkan permukaan berbatu di Kawah Jezero, Mars. 

Para ilmuwan misi memilih lokasi tersebut karena mereka percaya bahwa ketika Planet Merah masih tertutup air, kawah tersebut dulunya merupakan sebuah danau yang memiliki banyak sedimentasi di dasarnya. Dengan mempelajari bebatuan di dasar kawah, para ilmuwan berharap, akan menemukan informasi mengenai jejak air di Mars dan memahami kelayakan huni dari planet ini. (CNN/Space.com)

BERITA TERKAIT