19 February 2021, 13:54 WIB

Perseverance Tiba di Mars, NASA Tuai Pujian


Bagus Pradana | Weekend

Selang satu jam setelah wahana penjelajah Perseverance melakukan pendaratannya di Mars, penjabat administratur NASA, Steve Jurczyk mendapat telepon kejutan dari presiden Amerika Serikat.

"Kata-kata pertamanya adalah 'Selamat, kawan,' dan saya tahu itu dia," ujar Jurczyk tentang telepon kejutan dari Presiden Biden, seperti dilansir oleh space.com, Jumat (19/2).

"Dia berbicara tentang betapa bangganya dirinya atas apa yang telah kami capai," imbuhnya.

Saat mendapatkan telepon dari Presiden Biden, Jurczyk mengaku masih berada di Jet Propulsion Laboratory milik NASA di Pasadena, California. Keberhasilan pendaratan wahana Perseverance di Kawah Jezero, Mars, setelah 203 hari melintasi antariksa diumumkan secara resmi oleh NASA pada pukul 15:55 EST (pukul 3.55 WIB pagi).

Biden, ungkap Jurczyk, berharap dapat bertemu seluruh tim yang terlibat dalam misi ini dan memberikan ucapan selamat secara langsung minggu depan. Namun, tak ingin menunggu lama ucapan selamat itu pun ia cicil dengan mencuitkannya di twitter.

"Selamat kepada NASA dan seluruh tim yang telah bekerja keras memastikan pendaratan bersejarah Perseverance ini," tulis Biden dalam pernyataan Twitter sekitar dua jam setelah pendaratan wahana robotik NASA itu di Planet Merah, tak lupa dalam cuitannya ia juga menyertakan foto dirinya yang sedang menonton pendaratan tersebut di televisi di Gedung Putih. "Hari ini membuktikan sekali lagi bahwa dengan kekuatan sains dan kecerdikan (orang-orang terbaik) Amerika, tidak ada yang di luar kemungkinan," sambungnya.

Tak ingin ketinggalan Wakil Presiden Kamala Harris juga mengirimkan ucapan selamat kepada NASA dan tim Perseverance.

"Selamat kepada @NASA dan seluruh timnya atas misi sukses mereka," tulis Harris di Twitter. "Pendaratan bersejarah hari ini mewujudkan semangat ketekunan bangsa kita -mengingatkan kembali atas prestasi masa lalu dan membuka jalan bagi misi masa depan."

Seperti halnya Presiden Biden, Mantan Presiden Barack Obama juga memberikan ucapan selamat kepada NASA atas pencapaiannya. Seperti diketahui bahwa Misi penjelajah Perseverance ini merupakan salah satu misi luar angkasa yang disetujui di masa Presiden Obama pada tahun 2012. Misi eksplorasi ini bertujuan untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan sampel debu serta bebatuan guna memetakan kondisi geologi planet tandus itu. Hasilnya diharapkan meningkatkan peluang bagi misi penjelajahan manusia di Mars pada masa mendatang. 

"Selamat kepada @NASAJPL atas pendaratan @MarsPersevere hari ini!" Tulis Obama di Twitter. "Menantikan hal baru yang akan disingkapkan oleh misi ini -dan bangga karena pemerintah kami berinvestasi dalam upaya ini delapan tahun yang lalu untuk melanjutkan tradisi eksplorasi Amerika," pungkasnya. (Space.com/M-2) 

BERITA TERKAIT