17 February 2021, 07:05 WIB

Besok, Pesawat Penjelajah NASA bakal Mendarat di Planet Mars


Adiyanto | Weekend

SETELAH perjalanan tujuh bulan, pesawat penjelajah Perseverance milik Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) bersiap mendarat di Planet Mars, Kamis (18/2). 

Mereka telah memperhitungkan prosedur maupun risiko pendaratan yang akan menandai dimulainya pencarian tanda-tanda kehidupan mikroba di planet tersebut.

Misi Mars 2020, yang berangkat dari Florida pada akhir Juli, termasuk kendaraan terbesar yang pernah dikirim ke Planet Merah. Dibangun di Jet Propulsion Laboratory NASA, pesawat penjelajah itu memiliki berat satu ton. Ia juga dilengkapi lengan robotik sepanjang tujuh kaki (dua meter), memiliki 19 kamera, dan dua mikrofon untuk merekam suara yag ada di Planet Mars.

Jika sukses, misi ini akan menjadi penjelajah kelima NASA yang berhasil menyelesaikan perjalanan sejak Pathfinder pada 1997. Perseverance akan menempatkan enam rodanya di lokasi pendaratan yang digambarkan sebagai "spektakuler" oleh Ken Farley, seorang ilmuwan NASA, pada Kamis sekitar pukul 15:55 EST (2055 GMT),

NASA menghabiskan sekitar US$2,4 miliar untuk misi ini, ditambah US$300 juta untuk mendaratkan dan mengoperasikan pesawat penjelajah itu di Mars. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT