12 February 2021, 19:05 WIB

Badan Antariksa Tiongkok Rilis Video Penampakan Planet Mars


Adiyanto | Weekend

BADAN antariksa Tiongkok baru saja sukses melakukan ekpedisi ke Mars. Jumat (12/2) mereka merilis video perjalanan mengelilingi ‘planet merah; tersebut. Rekaman video itu diambil dari pesawat luar angkasa yang mengelilingi Mars, dua hari setelah berhasil memasuki orbit planet itu.

Dalam video tersebut, yang diterbitkan oleh penyiar CCTV, permukaan planet terlihat dari langit hitam pekat di luar pesawat luar angkasa Tianwen-1, yang memasuki orbit Planet Merah pada Rabu (10/2) lalu.

“Kawah putih terlihat di permukaan planet, yang kemudian memudar menjadi hitam melalui video saat pesawat itu terbang selama satu hari di Mars, “ kata kantor berita resmi Xinhua.

Tianwen-1, pesawat seberat lima ton yang jika diterjemahkan artinya “Pertanyaan ke Surga",  termasuk pengorbit Mars, pendarat, dan penjelajah bertenaga surya, dan diluncurkan dari Tiongkok selatan Juli lalu.

Ini adalah langkah terbaru dalam program luar angkasa Beijing, yang bertujuan mendirikan stasiun luar angkasa berawak pada 2022. Langkah ini membuka arena baru persaingan luar angkasa antara AS dan Tiongkok.

Tianwen-1 diluncurkan pada waktu yang sama dengan misi  AS, dan diharapkan mendarat di permukaan planet Mars pada Mei. Selain Tiongkok,  misi luar angkasa Uni Emirat Arab juga berhasil memasuki orbit Mars. Misi ini menjadi sejarah sebagai misi antarplanet pertama di jazirah Arab.

Ilmuwan Tiongkok berharap bisa mendaratkan pesawat penjelajah mereka pada Mei di Utopia, cekungan besar di Mars. Mereka akan mengorbit selama satu tahun di planet itu.

Untuk studi tiga bulan tentang tanah dan atmosfer planet, misi akan mengambil foto, melakukan pemetaan, dan mencari tanda-tanda kehidupan masa lampau di sana. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT