06 February 2021, 19:15 WIB

Mengenal Garam Epsom, si Pahit yang Berkhasiat


Putri Rosmalia | Weekend

Nama Epsom Salt  mungkin belum banyak diketahui masyarakat awam. Berbeda dengan garam dapur atau garam laut yang sudah sangat umum. Namun, garam yang berasal dari Epsom, Surrey, Inggris, ini punya sejumlah khasiat untuk kesehatan.

Garam Epsom memiliki kandungan yang berbeda dari garam dapur atau garam untuk memasak. Garam Epsom terdiri dari campuran dua mineral alami, yaitu magnesium sulfat dan oksigen, bukan natrium klorida sebagaimana kandungan garam untuk memasak.

Garam Epsom memang lebih identik dengan garam yang dipakai sebagai campuran untuk air kita berendam atau mandi.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, (5/2), garam tersebut kerap digunakan untuk detoksifikasi. Kandungan magnesium sulfat pada garam Epsom dapat membantu tubuh lebih mudah mengeluarkan racun dan melancarkan saluran pencernaan.

Meski belum banyak penelitian komprehensif tentang manfaat garam ini, tetapi berbagai testimoni dan riset terbatas menyebutkan bahwa penggunaannya untuk air mandi membawa manfaat bagi tubuh.

Selain membantu tubuh melepas racun, ia juga dapat meringankan tingkat stres dan membuat tubuh lebih santai. Magnesium dalam level ringan seperti yang terkandung dalam garam Epsom dapat merangsang neurotransmisi otak yang berfungsi meredam stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan menggunakan garam tersebut sebagai campuran berendam dengan air hangat.

Manfaat selanjutnya ialah untuk meringankan rasa sakit yang muncul akibat beberapa penyakit. Mulai dari rheumatoid arthritis, lupus, dan psoriatic arthritis.

Magnesium dalam level rendah dapat meringankan rasa sakit pada tubuh pasien arthritis.

Selain untuk mandi dan berendam, garam Epsom dengan grade tertentu juga bisa dikonsumsi untuk meringankan konstipasi dan masalah di usus. Namun, garam ini tidak cocok untuk dipakai memasak sehari-hari karena rasanya yang pahit, bukan asin.

Meski diklaim memiliki banyak manfaat, calon pengguna disarankan untuk membeli garam Epsom yang sudah terstandarisasi. Khususnya bagi yang ingin digunakan untuk dikonsumsi, pastikan garam itu telah memiliki izin dari BPOM.  (M-2)

BERITA TERKAIT