06 February 2021, 08:00 WIB

Pendaki Bulgaria Tewas Terjatuh dalam Ekspedisi K2


Adiyanto | Weekend

Seorang pendaki gunung Bulgaria jatuh hingga tewas saat mendaki Gunung K2 di Pakistan, Jumat (5/2). Seven Summit Treks, sebuah perusahaan trekking yang memimpin ekspedisi itu mengatakan pendaki bernama Atanas Skatov  itu jatuh saat dia mengganti tali saat turun ke basecamp. Ia menjadi orang kedua yang meninggal di gunung tertinggi kedua di dunia itu dalam beberapa pecan terakhir.

"[Tampaknya] beberapa kesalahan terjadi dan dia jatuh. Kami telah memperbaiki dengan tali baru yang tidak rusak,” kata Seven Summit Treks dalam sebuah pernyataan.

Klub Alpine Pakistan juga mengkonfirmasi insiden itu. Mereka mengatakan mengatakan tubuh pendaki berusia 42 tahun itu kemudian ditemukan dan diterbangkan dengan helikopter militer Pakistan ke kota terdekat Skardu.

"Kami menghormati kekuatan dan semangat pendaki kami. Prestasi dan keinginannya yang tak kenal lelah untuk (mencapai) puncak tidak akan pernah dilupakan!" Kementerian luar negeri Bulgaria mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Skatov adalah pendaki kedua yang meninggal di lereng K2 musim ini setelah seorang pendaki gunung Spanyol jatuh hingga meninggal bulan lalu. Kematian Skatov terjadi hanya beberapa minggu setelah tim pendaki Nepal membuat sejarah di K2 ketika mereka menjadi yang pertama mengukur tinggi gunung itu di musim dingin.

K2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia. Terletak di perbatasan antara Pakistan dan Republik Rakyat Tiongkok di wilayah Gilgit–Baltistan di utara Pakistan, dan di wilayah otonomi Tajik Taskhurgan di Xinjiang, Tiongkok. Tinggi Gunung ini mencapai 8,611 meter.

K2 dikenal sebagai :Gunung Liar" karena kondisinya yang mematikan. Angin dapat bertiup dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam (125 mil per jam) dan suhu dapat anjlok hingga minus 60 derajat Celcius (minus 76 Fahrenheit).

Berbeda dengan Gunung Everest yang telah digapai oleh ribuan pendaki tua dan muda, K2 jauh lebih jarang dilalui. (M-4)

BERITA TERKAIT