03 February 2021, 12:05 WIB

Spot, si Anjing Robotik, Kini Sudah Berlengan


Bagus Pradana | Weekend

Anjing robotik terkenal produksi perusahaan teknologi Amerika, Boston Dynamics, kini memiliki fitur anyar, yaitu sebuah lengan multi fungsi layaknya lengan manusia.

Melalui sebuah video berdurasi 2.11 menit perusahaan yang bermarkas di Massachusetts, Amerika ini memamerkan kepiawaian robot anjing tersebut saat membereskan cucian kotor, bermain tali skipping, berkebun, hingga mengoperasikan mesin di gudang menggunakan lengan barunya.

Spot, panggilan robot itu, merupakan robot yang cocok dioperasikan di segala medan. Ia dapat memetakan lingkungan di sekitarnya, menghindari rintangan, apalagi kini ditambah dengan lengan barunya, membuat Spot dapat melaksanakan sejumlah kerja manusia.

Namun, untuk menikmati fitur anyar dari robot anjing ini, pelanggan harus menunggu sejenak, pasalnya lengan robotik ini masih dalam proses pengembangan. Meskipun menurur kabar yang beredar, lengan robotik tersebut akan ditawarkan dalam kondisi built-in untuk pembaruan di masa mendatang.

"Sekarang Spot memiliki lengan robotik, jadi selain kaki dan kamera, ia kini dapat melakukan manipulasi seluler," kelakar  Marc Raibert selaku pendiri Boston Dynamics, seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Selasa (2/2).

"Gerakan tangannya secara otomatis dikoordinasikan untuk menyederhanakan tugasnya serta mengoptimalkan jangkauan kerja lengannya menjadi tak terbatas," imbuh bos Boston Dynamics ini.

Seperti yang ditunjukkan dalam video presentasi lengan robotiknya, lengan Spot memiliki beberapa sambungan engsel berputar yang dapat maksimalkan fleksibilitasnya.

Di ujung lengan tersebut ada sebuah 'tangan' yang dapat menjepit berbagai macam benda dan menahannya dengan kuat, termasuk memegang sepotong kapur untuk melukis.

Menurut pengakuan pihak Boston Dynamics, Spot saat ini baru dirancang untuk penggunaan di sektor industri, robot ini belum mendapatkan sertifikasi keamanan untuk penggunaan di rumah, terutama saat digunakan di dekat anak-anak.

Namun, Marc Raibert menjanjikan akan segera meluncurkan versi Spot yang juga menampilkan pemrograman baru, bersama dengan fitur lengan robotiknya untuk digunakan di rumah.

"Kami juga memiliki proyek yang saya yakin banyak dari Anda akan sangat tertarik, yaitu membersihkan rumah Anda," katanya akhir tahun lalu.

"Sekarang, Spot memang belum tersedia untuk digunakan di rumah, tetapi kedepan akan tersedia. Saya pikir Anda akan menyukai gagasan bahwa robot dapat ditugaskan di sebuah ruangan untuk membereskan pakaian kotor anak Anda yang tergeletak," pungkasnya. (M-2) 

BERITA TERKAIT