03 February 2021, 08:00 WIB

Montreux Jazz Festival Tahun ini akan Disiarkan Secara Streaming


adiyant | Weekend

SALAH satu festival musik terkenal di dunia, Montreux Jazz Festival,  bakal digelar daring. Tahun lalu, festival ini dibatalkan lantaran pandemi covid-19.

Pihak penyelenggara mengatakan mereka telah mencapai kesepakatan dengan Qello Concerts by Stingray untuk menyiarkan langsung event itu secara streaming.

"Streaming adalah media penting untuk mengamankan kesuksesan festival yang berkelanjutan: jika orang tidak dapat datang ke Festival, kami akan menghadirkannya kepada mereka," kata Nicolas Bonard, Direktur Montreux Media Ventures.

Tahun ini, pihak penyelenggara juga membuat event baru yakni MJF Spotlight, yang didedikasikan untuk mempromosikan bakat baru melalui konten digital.

Berlangsung di Kota Montreux,  Swiss, di tepi Danau Jenewa, acara musik musim panas ini dalam  setengah abad terakhir, telah menjadi magnet bagi nama-nama besar musikus dan bintang pendatag baru.

Meski berlabel jazz, para penampil di event ini berasal dari beragam genre, termasuk bintang rock Johnny Cash,  Prince, dan band Deep Purple.

Pada 2019, festival ini mulai memanfaatkan teknologi dan konten digital. Strategi ini makin dipercepat karena wabah  virus korona, yang memaksa event itu dibatalkan tahun lalu. Pembatalan itu merupakan yang pertama dalam sejarah festival tersebut.

Festival tahun ini, diharapkan berlangsung 2-17 Juli. Adapun line-up para penampil akan diumumkan dalam beberapa pekan mendatang. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT