02 February 2021, 09:05 WIB

Berlin Film Festival Siap Digelar di Tengah Pandemi


Adiyanto | Weekend

MESKI masih dibayangi pandemi covid-19, festival film Berlin bakal tetap digelar mulai Maret mendatang. Pihak penyelenggara menyatakan, ajang itu akan dihelat secara daring maupun luring.

Di ajang The Berlinale, demikian sebutan untuk event tersebut, juri yang terdiri dari enam pemenang sebelumnya dari Golden Bear, akan menonton kontestan tahun ini di bioskop besar, bersama-sama di ibu kota Jerman. Para kritikus dan wartawan akan memiliki akses menonton sejumlah film secara online pada 1-5 Maret.

Tahap kedua dari festival ini akan diluncurkan pada Juni, dengan mengundang para produser dan sutradara untuk menghadiri pemutaran film pilihannya, untuk masyarakat umum di tempat-tempat di seluruh kota. Upacara penghargaan gala akan berlangsung setelahnya.

Bioskop di seluruh Jerman telah ditutup sejak November sebagai bagian dari pembatasan secara nasional untuk menekan penyebaran virus korona. Penyelenggara festival mengatakan Berlinale edisi ke-71 ini akan memasuki babak baru karena tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi.

Festival yang biasanya menarik puluhan ribu pengunjung ini, akan berkurang gemerlapnya secara signifikan tahun ini karena tidak dihadiri para aktor.

Festival film utama dunia, Cannes, pekan lalu, juga menunda edisi 2021 menjadi Juli dari Mei karena pandemi. Itu pun masih mengundang pertanyaan apakah masih ada kemewahan karpet merah di ajang tersebut. (AFP/M-4)

 

 

BERITA TERKAIT