01 February 2021, 13:53 WIB

‘Possessor’ Raih Hadiah Utama di Festival Film Gerardmer


Adiyanto | Weekend

SUTRADARA asal Kanada Brandon Cronenberg,  putra pembuat film horor David Cronenberg,  meraih penghargaan tertinggi dalam festival film fantasi dan horor, Gerardmer, Minggu (31/1). Di ajang tersebut, skor film itu yang digarap Jim Williams juga meraih penghargaan.

Cronenberg memenangkan Grand Prize di festival itu lewat film karyanya yang berjudul Possessor. Film ini berkisah tentang pembunuh kerah putih yang mengendalikan orang lain untuk melaksanakan titahnya.

Film ini juga ditampilkan di Sundance Film Festival yang mulai digelar Sabtu (30/1). Festival yang biasanya diadakan di Prancis timur itu berlangsung secara online tahun ini karena pandemi virus korona.

Dalam Possessor, pembunuh bayaran Tasya Vos (Adrea Riseborough) menggunakan implan otak untuk mengendalikan Colin Tate, diperankan oleh Christopher Abbott. Dia diperalat untuk membunuh seorang pemimpin perusahaan, tetapi tidak berjalan sesuai rencana.

Di ajang ini, juri festival juga memberikan hadiah utama kepada sutradara Jerman, Michael Venus lewat film Sleep dan kepada dua bersaudara asal Prancis, Ludovic dan Zoran Boukherma untuk  film Teddy. Sedangkan La Nuee (awan) karya sutradara Prancis lainnya,  Just Philippot, memenangkan penghargaan publik dan kritikus.

Gerardmer adalah festival film Prancis pertama yang digelar setiap tahun. Untuk edisi 2021, festival ini memamerkan 30 film. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT