30 January 2021, 13:25 WIB

Grrrl Gang Jadi Wakil Tunggal Indonesia di SXSW Online 2021


Fathurrozak | Weekend

SOUTH by Southwest (SXSW) adalah festival tahunan yang menggabungkan perayaan film, musik, media interaktif, dan konferensi. Dalam salah satu lininya, festival yang berbasis di Austin, Texas, AS ini menampilkan SXSW Music Festival festival.

Edisi tahun ini, SXSW akan berlangsung secara daring pada 16-20 Maret. Meski demikian, SXSW mengatakan festival musiknya tahun ini akan tetap menghadirkan para penampil dari dunia internasional.

“Hasilnya adalah pengalaman online yang unik, di mana para profesional industri dan pencinta musik dapat menemukan artis dan gaya musik yang tak tertandingi dari seluruh dunia, memperluas cakrawala pendengar dari rumah mereka sendiri,” mengutip dari situs resmi SXSW, Kamis, (28/1).

Salah satu yang akan tampil dalam edisi tahun ini adalah trio indie pop asal Yogyakarta Grrrl Gang. Band yang digawangi Angee Sentana, Akbar Rumandung, dan Edo Alventa ini pada tahun lalu juga sebenarnya masuk dalam jajaran pengisi. Tapi, edisi tahun lalu mengalami penundaan karena pandemi.

Jajaran dari ‘2021 Showcasing Artists’ yang akan tampil dalam gelombang pertama SXSW Online adalah termasuk Indigo Sparke, yang LP debut folk-nya diproduseri Adrienne Lenker dan akan dirilis Februari ini di Sacred Bones. Lalu, ada juga A Place to Bury Strangers, Chili Francisca Valenzuela, band quirk punk Squid, yang saat ini juga tengah menanti album debut mereka Warp Records Y, serta ada trio jangle-indie pop nan  manis Indonesia Grrrl Gang. 

Daftar itu masih berlanjut dengan penyanyi Afrobeat Inggris kelahiran Nigeria yang dibesarkan di London Darkoo hingga sensasi pop Latin Spanyol-Kuba Samantha Sanchez. Setiap penampilan akan memberikan kesempatan ke para pemegang tiket untuk merasakan headliner di tempat-tempat unik di negara asal musisi melalui pengalaman menonton premium, dengan streaming yang tersedia melalui web, seluler, dan aplikasi SXSW Online Connected TV (Apple TV, Fire TV, Roku, Samsung TV Plus, dan Android TV). Konten tertentu juga akan dapat dilihat dalam VR melalui SXSW Online XR. 

Selain pertunjukan festival musik, pemegang tiket disebutkan juga akan memiliki akses ke berbagai konten yang tersedia selama SXSW Online. Itu termasuk konferensi dari pembicara utama, pembicara unggulan, sesi mentoring, pertemuan dengan jejaring, pemutaran di festival film, pertunjukan festival komedi, pameran daring, dan pengembangan profesional. (M-1)

BERITA TERKAIT