29 January 2021, 18:05 WIB

Tidak Perlu Lagi Senyum Basa-Basi, Pakai Masker Bisa Kurangi Stres


Putri Rosmalia | Weekend

Era pandemi covid-19 memaksa semua orang untuk menggunakan masker saat beraktivitas sehari-hari. Banyak yang merasa tidak nyaman karena harus menggunakan masker. Namun, di sisi lain, tidak sedikit orang yang merasa menggunakan masker membantu mereka mengurangi stres.

Bagaimana masker dapat berperan mengurangi tingkat stres seseorang? Kathryn Stamoulis, psikolog dan ahli kesehatan jiwa yang menetap di New York mengatakan bahwa dari sisi psikologis, masker memang dapat menjadi solusi bagi sebagian orang untuk merasa lebih bebas dan tanpa beban.

Kathryn mengatakan, penggunaan masker membuat seseorang tidak perlu 'jaim' (jaga image) dalam menjaga ekspresi wajah ketika berhadapan dengan orang lain. Hal itu dianggap berdampak baik pada kesehatan mental seseorang karena menjadi bisa lebih santai.

"Seperti misalnya seorang pramusaji, dengan masker mereka tak perlu memaksakan diri selalu tersenyum pada pelanggan ketika mereka tak dalam kondisi yang baik," ujarnya, seperti dilansir dari situs BBC, Jumat (29/1).

Menggunakan masker juga dinilai dapat membuat seseorang merasa tidak terbebani dengan kewajiban menjaga penampilan. Seperti penggunaan make up yang maksimal atau mencukur janggut dan kumis.

"Intinya orang-orang jadi bisa lebih santai dan merasa tak terbebani dengan hal-hal simpel tetapi sebenarnya bisa berpengaruh pada kondisi emosional mereka. Setiap orang juga bisa lebih bebas berekspresi atau bermeditasi di balik maskernya" ujar Kathryn. (BBC/M-2)

BERITA TERKAIT