27 January 2021, 16:15 WIB

Ini Negara dengan Serangan Hiu Terbanyak


Putri Rosmalia | Weekend

Amerika Serikat (AS) kembali menjadi negara dengan serangan hiu terbanyak di dunia pada 2020. Florida menjadi wilayah dengan kasus serangan hiu terbanyak. 

Dilansir dari cnn.com, Rabu, (27/1), pada 2020, otoritas AS mencatat terdapat 33 serangan hiu secara spontan dan tanpa provokasi pada manusia. Angka itu merupakan 58% dari total serangan hiu secara spontan yang terjadi di seluruh dunia sepanjang 2020. 

Khusus di wilayah Florida sendiri, terjadi 16 kasus serangan hiu tanpa provokasi. Selama beberapa dekade terakhir, Florida selalu menjadi wilayah dengan kasus serangan hiu terbanyak di dunia. 

Meski masih yang tertinggi di dunia, Yearly World Shark Attack Summary from the International Shark Attack File (ISAF) mencatat bahwa angka serangan hiu di AS tahun 2020 mengalami penurunan. Pada 2019, ISAF mencatat sebanyak 64% dari total serangan hiu terjadi di AS.

ISAF menjelaskan, terdapat dua jenis serangan hiu. Pertama ialah yang terjadi secara spontan tanpa provokasi manusia. Kedua, serangan akibat adanya provokasi dari kegiatan manusia.

Serangan dengan provokasi misalnya juga yang kerap terjadi pada surfer, penyelam, atau pemancing. 

ISEF mencatat secara total terjadi interaksi antara hiu dan manusia sebanyak 129 kali sepanjang 2020. Sebanyak 57 kali merupakan serangan tanpa provokasi, sisanya sebanyak 72 serangan terjadi akibat adanya provokasi kegiatan manusia. (M-2) 

BERITA TERKAIT