26 January 2021, 12:00 WIB

Tiongkok Tegaskan Kembali Komitmen Antisipasi Pemanasan Global


adiyanto | Weekend

PRESIDEN Tiongkok Xi Jinping menegaskan kembali janji ambisius negaranya untuk memangkas emisi karbon hingga 65%  pada 2030 dan mencapai netralitas karbon pada 2060. Kedua janji itu merupakan komitmen yang signifikan dalam mengantisipasi pemanasan global karena Tiongkok merupakan penyumbang seperempat gas rumah kaca dunia.

"Memenuhi target ini akan membutuhkan kerja keras yang luar biasa dari Tiongkok. Tapi kami percaya ketika kepentingan seluruh umat manusia dipertaruhkan, Tiongkok harus melangkah maju, mengambil tindakan, dan menyelesaikan tugas ini," katanya, saat berpidato dalam World Economic Forum yang digelar di Davos, secara virtual, Senin (25/1).

Xi juga menyerukan tata kelola global yang lebih kuat melalui organisasi multilateral, penghapusan hambatan perdagangan internasional, investasi, dan pertukaran teknologi, serta representasi yang lebih kuat di panggung politik dunia untuk membantu negara-negara berkembang.

Dia menekankan pentingnya memperkuat kebijakan makroekonomi untuk memerangi penurunan ekonomi global yang dipicu pandemi. “Kita harus membangun ekonomi dunia yang terbuka, dengan tetap menjaga sistem perdagangan multilateral, dan menahan diri dari membuat standar, aturan dan sistem yang diskriminatif dan eksklusif, serta tembok tinggi yang memisahkan perdagangan, investasi, dan teknologi,” katanya. (AFP/M-4)

 

BERITA TERKAIT