21 January 2021, 08:00 WIB

Manuskrip Napoleon tentang Pertempuran Austerlitz akan Dilelang


Adiyanto | Weekend

CATATAN Napoleon Bonaparte tentang kemenangannya yang menakjubkan pada pertempuran Austerlitz, yang didiktekannya di pengasingan di pulau Saint Helena, akan dijual di Paris akhir bulan ini.

Pada naskah setebal 74 halaman itu, yang didiktekan kepada ajudan setianya Jenderal Henri-Gatien Bertrand,  terdapat beberapa koreksi dari sang kaisar. Ia mencoret beberapa kata dan menambahkan komentar di pinggir halamannya dengan tulisan kecil.

Catatan Napoleon tentang pertempuran di tahun 1805 dengan pasukan Rusia-Austria, yang dianggap sebagai kemenangan militer terbesarnya, menyajikan secara rinci peristiwa itu, mulai dari persiapan hingga pertempuran, dilengkapi dengan rencana pertempuran yang dibuat oleh Bertrand di atas kertas kalkir.

Dalam catatan itu, Napoleon tidak menyebut dirinya sebagai orang pertama, melainkan memilih untuk mengawali pidatonya dengan kata “kaisar". Dalam waktu sekitar sembilan jam, pada 2 Desember 1805, sekitar 75.000 tentara Grande Armee Napoleon mengalahkan pasukan Rusia-Austria yang lebih besar di Austerlitz, di tempat yang saat itu merupakan wilayah kekaisaran Austria.

Penjualan catatan ini dilakukan di awal tahun yang menandai peringatan dua abad kematian Napoleon. Naskah tersebut hadir dengan banderol satu juta euro dan akan dipamerkan pada 27-30 Januari di galeri Paris, Arts et autographes, Prancis. Para kolektor dapat mengatur jadwal untuk melihat naskah secara langsung atau melalui internet.

Pemilik galeri Jean-Emmanuel Raux, seorang kolektor memorabilia kekaisaran Prancis, menemukan manuskrip itu dalam sekumpulan dokumen milik ahli waris Bertrand. "Itu adalah dokumen paling menakjubkan tentang sejarah Prancis yang bisa Anda temukan di koleksi pribadi," katanya. (AFP/M-4)

BERITA TERKAIT