20 January 2021, 15:00 WIB

Ilmuwan Berhasil Membuat Daging di Laboratorium


Galih Agus Saputra | Weekend

Peneliti dari Fakultas Teknik Biomedis, McMaster University, Kanada baru-baru ini dikabarkan telah berhasil menemukan cara untuk menciptakan daging di laboratorium. Teknik yang mereka gunakan diadaptasi dari metode transplantasi daging manusia.

Daging buatan itu berbentuk tipis seperti kertas. Proses pembuatan diawali dengan penanaman sel dalam sebuah kultur, yang kemudian dilekatkan pada sebuah pelat. Setelah dirasa cukup berkembang, daging kemudian dikupas dan ditumpuk atau dilipat satu sama lain.

Sang Peneliti, Ravi Selvaganapathy mengatakan potongan daging tersebut dapat disusun sesuai kepadatan dan ketebalan yang diinginkan. Ia bahkan dapat diatur untuk meniru kandungan lemak daging apapun sehingga dapat menjadi bahan konsumsi alternatif.

"Konsumen dapat membeli daging dengan persentase lemak berapa pun yang mereka suka, seperti yang mereka lakukan saat membeli susu," katanya, seperti dilansir Sciencedaily, Rabu, (20/1).

Selvaganapathy mengembagkan penelitian tersebut bersama rekannya, Alireza Shahin-Shamsabadi. Mereka memublikasikan temuannya pertama kali di jurnal Cells Tissues Organs. Penelitian tersebut dilakukan karena melihat tingginya permintaan daging di pasaran, sementara proses produksi daging di peternakan dirasa turut memicu peningkatan gas rumah kaca.

"Rasanya seperti daging. Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa teknologi yang sama tidak akan berhasil untuk membudidayakan daging sapi, babi atau ayam, dan model tersebut akan cocok untuk produksi skala besar. Produksi daging saat ini tidak berkelanjutan. Harus ada cara alternatif untuk membuat daging," imbuh Selvaganapathy.(M-4)

BERITA TERKAIT