20 January 2021, 13:53 WIB

Ini Alasan Bekerja di Kafe Bikin Kita Lebih Kreatif


Putri Rosmalia | Weekend

Beberapa nama besar seniman seperti Pablo Picasso (pelukis), Bob Dylan (musikus), hingga penulis JK Rowling menyatakan mendapat banyak inspirasi ketika bekerja di kafe. Karya-karya besar mereka lahir dari inspirasi yang muncul ketika bekerja di balik meja kafe.

Saat ini, semakin banyak juga orang yang lebih senang bekerja atau menyelesaikan tugas mereka di kafe atau kedai kopi.

Dilansir dari bbc.com, Rabu, (20/1), fenomena itu memang ternyata bukan ketidaksengajaan semata. Bekerja di kafe terbukti menurut studi dapat meningkatkan kreativitas dan daya kerja otak menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan bekerja di tempat monoton seperti kantor dan rumah.

Sebuah studi yang dirilis pada The Journal of Consumer Research tahun 2012 menunjukkan bahwa keramaian tingkat rendah hingga menengah dapat memacu kreativitas. Ketika bekerja di tengah suasana baru yang terus bergerak, kemampuan berpikir abstrak manusia menjadi lebih hidup.

Sebuah studi lain pada 2019 juga menyebutkan bahwa beberapa jenis suara atau kebisingan yang wajar justru bermanfaat menstimulasi tubuh dan otak. Musik, suara manusia, hingga mesin penggiling kopi yang kerap muncul di kedai kopi bahkan dinilai dapat memunculkan keberanian seseorang dalam membuat keputusan atas karya dan pekerjaan yang sedang mereka lakukan.

BERITA TERKAIT