16 January 2021, 16:19 WIB

Bong Joon Ho Pimpin Juri Venice Film Festival Tahun ini


Fathurrozak | Weekend

Bong Joon Ho didaulat sebagai ketua dewan juri untuk Venice International Film Festival ke-78 yang akan berlangsung pada 1-11 September tahun ini. Pada tahun lalu, aktris Cate Blanchett yang mengisi posisi serupa. Penentuan ketua juri dibuat oleh Dewan Direksi La Biennale di Venezia, atas masukan dari Direktur Festival Film Venesia Alberto Barbera.

“Festival Film Internasional Venesia memiliki sejarah panjang dan bervariasi. Saya merasa terhormat bisa terlibat dalam tradisi sinematiknya yang indah. Sebagai ketua dewan juri - dan yang lebih penting sebagai seorang yang masih dan akan tetap menjadi cinephile - saya siap mengagumi dan memuji semua film hebat yang dipilih oleh festival. Saya dipenuhi dengan harapan dan kegembiraan yang tulus,” kata Bong atas pemilihannya sebagai ketua dewan juri, dikutip dari situs resmi La Biennale di Venezia, Jumat, (15/1).

Bersama tujuh tokoh di bidang film dan budaya dari berbagai negara, Bong akan menilai dan menentukan pemenang dari beberapa kategori di salah satu festival film tertua di dunia ini. Termasuk, Golden Lion untuk film terbaik, Silver Lion (Grand Jury), dan Silver Lion (sutradara terbaik).

Menanggapi pemilihan sutradara Parasite itu sebagai ketua juri, Direktur Festival Film Venesia Alberto Barbera mengatakan ini menjadi kabar gembira karena sang sutradara bersedia untuk ikut serta dalam festivalnya.

“Merupakan kebahagiaan dan kehormatan untuk dapat berbagi kegembiraan saat ini dengan pengagum yang tak terhitung jumlahnya, di seluruh dunia, dari film-filmnya yang luar biasa. Keputusan untuk mempercayakan kursi juri ke sutradara Korea, untuk pertama kalinya dalam sejarah festival, juga mengonfirmasi, Venesia mencakup bioskop di seluruh dunia, dan sutradara dari setiap negara tahu mereka dapat menganggap Venesia sebagai rumah kedua mereka,” kata Alberto.

Bong Joon Ho membuat debut film panjangnya lewat Barking Dogs Never Bite (2000), sebelum akhirnya mendapatkan pengakuan internasional melalui film Memories of Murder (2003). Berkat film itu, dia memenangkan Silver Shell untuk sutradara terbaik di San Sebastián Film Festival. Terakhir, filmnya Parasite (2019) tayang perdana di Cannes International Film Festival dan membawa Palme d’Or. Film itu juga memboyong empat piala Oscar, termasuk sebagai film terbaik Academy Awards ke-92 tahun lalu. (labiennale/M-2) 

BERITA TERKAIT